Cara Mengobati Jerawat Dengan Madu

Cara Mengobati Jerawat Dengan Madu ini sebenarnya mungkin sudah umum dan banyak digunakan dalam berbagai jenis terapi kecantikan. Hal ini karena madu mempunyai kandungan yang cukup baik sehingga wajah tetap terjaga kelembapan dan juga membuat kulit tetap lembut, halus, serta terhindar dari beberapa jenis tanda-tanda penuaan. Nah, pada postingan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan Manfaat madu untuk wajah, cara menghilangkan jerawat dengan madu dan juga tentang bagaimana cara membuat masker dari madu asli. Oleh sebab itu, mari kita baca sama-sama artikel sederhana ini sampai selesai.

Seperti yang sudah anda tahu, madu merupakan bahan alami yang berasal dari alam. Mempunyai rasa yang begitu manis serta kaya akan khasiat yang kegunaannya cukup membantu dalam menjaga kesehatan dan juga baik dalam merawat kecantikan kulit wajah. Sedangkan pada topik sebelumnya yaitu mengenai 25 obat herbal alami untuk menghilangkan jerawat. Madu merupakan salah satu dari sekian banyak daftar karena didalamnya terdapat kandungan senyawa alami dan juga nutrisi sehingga kulit tetap elastis, tehindar dari garis halus serta membuat wajah tampak berseri dan awet muda. Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat madu untuk wajah? Bagaimana cara menerapkan dan menjadikan madu sebagai masker? Mungkin rangkuman singkat yang sudah kami sediakan dibawah ini bisa sedikit memberikan jawaban dari semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.
Cara Mengobati Jerawat Dengan Madu

Sebelum mengambil langkah penanganan yang tepat, Ada beberapa  Jenis Jerawat yang perlu anda ketahui. Sebab jika anda melakukan tindakan yang salah, bisa saja jerawat akan lebih cepat menyebar dan malah memperburuk keadaan. Oleh karena itu, guna mengatasi peradangan yang terjadi. Mungkin dengan mengetahui jenis jerawat tersebut anda juga akan paham langkah perawatan mana yang seharusnya anda terapkan. Sehingga dalam hal ini jenis dan juga Penyebab Jerawat menjadi langkah pertama yang harus anda kenali sebelum benar-benar menggunakan bahan yang sesuai untuk pengobatan.

(Yuk Lihat Juga : Cara Menghilangkan Noda Flek Hitam Bekas Jerawat)

Sebenarnya ada begitu banyak bahan untuk membersihkan wajah dari jerawat. Salah satunya ialah jeruk nipis, bawang putih, dan juga madu. Dari beberapa bahan ini saja anda sudah bisa mendapat penampilan wajah sesuai dengan apa yang anda inginkan. Namun bagaimana cara penerapan yang baik yang benar? Tentunya anda harus mempelajari lebih lanjut agar langkah treatmen yang ada lakukan bisa berjalan sama persis dengan apa yang di inginkan. Nah Untuk mengaplikasikan madu pada wajah,berikut step by step yang bisa anda lakukan.

Menerapkan Masker Madu Asli Pada Wajah

Jika anda ingin menggunakan madu secara langsung (yang dimaksud disini ialah tanpa paduan atau campuran bahan lain), maka anda tidak perlu ambil pusing. Sebab dengan tanpa bahan lain pun, madu sudah bisa di aplikasikan pada wajah. Langkah yang perlu anda lakukan diantaranya :
  • Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat. Treatmen ini bertujuan untuk membuka pori-pori yang tertutup dan menjadikan kulit lebih lentur. Sehingga jika terdapat kotoran pada sela pori, nantinya akan lebih mudah keluar dan dibersihkan.
  • Keringkan kulit wajah anda dengan handuk halus (lembut) atau tisu dengan menepuk-nepuk (jangan digosok) sehingga kotoran yang sudah keluar tidak kembali masuk dan menempel lebih kuat pada pori.
  • Terapkan madu pada wajah secara merata (utamakan pada bagian kulit yang berjerawat) dan didiamkan sampai meresap atau paling tidak selama 20 menit hingga madu mulai dirasa mengering dan membuat wajah sedikit terasa kaku.
  • Selanjutnya bilas wajah anda dengan air bersih hingga tidak ada sedikitpun sisa madu yang masih menempel pada wajah.
  • Agar hasil lebih optimal, alangkah baiknya jika kegiatan ini anda lakukan secara teratur paling tidak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Nah, didalam madu terdapat kandungan senyawa berupa asam nukleat, DNA, Anti-biotik, dan RNA yang fungsinya sangat baik untuk kulit dalam menjaga elastisitas dan vitalitas menjadi lebih maksimal. Jika diminum, madu akan membuat kulit anda tetap terasa halus, lembut, kencang, elastis, dan juga kulit lebih awet muda dibandingkan dengan tanpa perawatan. Dan bila dijadikan untuk alternatif pengobatan pada luar tubuh, madu mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa mengurang radang (pembengkakan pada kulit) yang juga dikenal dengan anti-inflamasi, anti-septik yang berkemampuan untuk membunuh bakteri dan juga anti-infeksi guna mencegah kuman berkembang pada kulit penyebab jerawat. Jika anda menggunakan madu secara berkala, maka senyawa didalamnya ikut membantu untuk meregenerasi sel-sel kulit yang rusak sehingga sisa-sisa kulit mati yang menempel pada kulit akan terkelupas.

Bagaimana jika penggunaan madu dipadukan dengan bahan lain? Tentunya kami juga sudah merangkum beberapa resep sederhana yang mungkin saja bisa membantu anda dalam membuat masker alami dari madu. Beberapa diantaranya ialah dicampur dengan buah pala, kunyit, stroberi, lemon, putih telur, lidah buaya dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk menyingkat waktu dan tidak berbelit lebih panjang lagi. Berikut resep-resep cara pembuatan masker madu dengan campuran bahan lain.

1. Madu Dan Buah Pala

Pala merupakan rempah dapur yang termasuk dalam komoditi perdagangan dunia. Umumnya buah ini dijadikan bumbu dengan cita rasa serta aroma yang khas. Namun bau atau aroma tersebut menyimpan khasiat yang cukup baik untuk wajah apabila dicampur dengan madu sehingga bisa anda terapkan sebagai masker wajah. Untuk cara-cara pembuatan ialah :
  • Siapkan 1sdm madu asli (bukan madu buatan pabrik ataupun yang sudah melalui porses pengolahan).
  • Haluskan buah pala menjadi bubuk dan larutkan dengan madu sehingga berubah menjadi adonan pasta (mengental). Bisa juga ditambah sedikit air agar pengolesan pada wajah menjadi lebih gampang.
  • Terapkan pada wajah secara merata dan didiamkan hingga mengering dengan rentang waktu paling tidak selama 30 menit.
  • Jika masker sudah mulai meresap dan kulit wajah dirasa sudah kaku, maka anda bisa membilasnya dengan air hangat hinga bersih.
  • Lanjutkan dengan penerapan pelembab yang sering anda gunakan (disesuaikan dengan jenis kulit).
  • Jika ingin hasil maksimal, maka anda bisa melakukan treatmen ini sebanyak 2x semingu dan anda bisa lihat sendiri bahwa wajah anda akan bersih dari yang namanya jerawat.

2. Madu Dan Gula Pasir

Mungkin anda tidak menyagka bahwa gula pasir juga bisa dijadikan alternatif untuk mengembalikan kelembapan kulit. Bahkan pada treatmen lain, gula masir sering digunakan untuk masker bibir agar kulit terlihat lebih alami, bibir kembali merah dan juga mengangkat sel-sel kulit mati. Nah, bagaimana jika gula pasir anda terapkan sebagai masker wajah? Menurut dari yang kami rangkum dari berbagai sumber, gula pasir mempunyai manfaat yang cukup baik dalam membersihkan, membuka pori yang tertutup pada jerawat, dan efektif untuk menyamarkan flek hitam yang ditinggalkan oleh bekas jerawat. Cara pembuatan dan penggunaan diantaranya :
  • Sediakan madu dan gula pasir secukupnya.
  • Larutkan gula dengan sedikit air hangat kemudian dicampur dengan madu hingga keduanya membentuk adonan kental.
  • Oleskan pada seluruh bagian wajah khususnya pada kulit berjerawat.
  • Diamkan sejenak paling tidak antara 15 hingga 25 menit.
  • Bilas wajah anda dengan air hingga bersih.
  • Agar hasil yang anda dapat lebih optimal, lakukan treatmen ini setiap hari sebelum tidak selama kurang lebih satu minggu.

3. Madu Dan Buah Stroberi

Buah stroberi diperkaya oleh kandungan Vitamin C yang berfungsi sebagai antiosidan alami sehingga bisa menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun tubuh. Jika buah ini dipadukan dengan campuran madu, maka tidak menutup kemungkinan bahwa fungsinya akan sangat baik untuk kesehatan kulit. Bahan ini akan mengembalikan nutrisi kulit yang hilang serta ampuh sebagai pembersih jerawat. Untuk membuat masker madu yang dicampur dengan buah stroberi ialah :
  • Siapkan sekitar 2 biji buah stroberi yang masih segar kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender.
  • Campur dengan 3sdm madu hingga keduanya membentuk adonan pasta.
  • Terapkan pada seluruh area wajah hingga kesemuanya tertutupi (ada baiknya jika anda mencuci muka terlebih dahulu dengan sabun).
  • Biarkan selama paling tidak 30 menit hingga masker meresap sempurna dan sampai dirasa mengering.
  • Bilas wajah dengan air hangat hingga tidak ada sisa yang masih tertinggal.
  • Lakukan perawatan atau treatmen ini sebanyak 3x seminggu hingga wajah anda benar-benar terbebas dari jerawat.

4. Madu Dan Kunyit

Kunyit mempunyai kemampuan yang cukup lumayan dalam menjadikan kulit wajah kembali putih. Selain itu, jika digunakan secara bijak, kunir juga akan membersihkan wajah anda dari yang namanya masalah jerawat. Hal ini karena didalamnya terdapat senyawa antioksidan dan juga anti-inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan pada jerawat. Bagaimana jika kunyit dicampur madu? Tentunya hasil yang anda dapat bisa dimaksimalkan. Cara membuat makser kunyit dan madu ialah :
  • Siapkan 1sdm bubuk kunyit dan 3sdm madu asli.
  • Larutkan bubuk knuyit tersebut dengan sedikit air kemudian dipadukan dengan madu hingga berubah menjadi kental.
  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu kemudian terapkan masker pada seluruh bagian kulit yang berjerawat.
  • Diamkan beberapa saat (rata-rata berkisar hingga 20 menit).
  • Proses akhir ialah membilas wajah anda dengan air hingga bersih.
  • Agar hasil optimal, usahakan anda melakukan treatmen ini paling tidak 2x seminggu.

5. Madu Dan Jeruk Lemon

Sama halnya dengan bahan lain, jeruk lemon mempunyai antioksidan yang bersifat sebagai pembersih wajah. Jika wajah anda terhindar dari kuman, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kulit anda akan lebih sehat, tidak terjadi infeksi ataupun masalah peradangan selaku penyebab umum dari munculnya jerawat. Jeruk lemon hampir sama persis dengan Manfaat Jeruk Nipis yang keduanya mempunyai rasa masam namun kaya akan kandungan Vitamin C. Cara membuat masker madu dan jeruk lemon ialah :
  • Siapkan jeruk lemon yang masih segar dan iris serta ambil airnya.
  • Campur dengan madu secukupnya hingga terbentuk adonan pasta.
  • Terapkan pada wajah dengan bantuan kapas hingga seluruh wajah tertutupi.
  • Biarkan sesaat hingga masker meresap (paling tidak 25 menit).
  • Bilas wajah anda hingga bersih dengan air.

6. Madu Dan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sangat umum digunakan dalam berbagai perawatan kulit. Hal ini karena tanaman yang tergolong kaktus berikut mempunyai fungsi yang cukup ampuh dalam membersihkan jerawat dan menjaga wajah tetap kencang serta awet muda. Cara membuatnya ialah :
  • Siapkan lidah buaya, kupas dan haluskan dagingnya.
  • Campur gel dengan madu dan aduk keduanya hingga membentuk adonan kalis.
  • Terapkan pada seluruh permukaan wajah khususnya yang terdapat jerawat.
  • Diamkan hingga mengering dan bilas wajah anda hingga bersih.

7. Madu Dan Putih Telur

Bahan masker dari putih telur akan menjadikan wajah lebih kenyal, kencang dan bisa menunda munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput ataupun garis halus pada wajah. Jika diterapkan secara rutin, putih telur berkemampuan untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan jerawat dari wajah. Cara membuat masker madu dan putih telur diantaranya :
  • Siapkan 1 butir telur dan pisahkan dari kuningnya.
  • Campur dengan madu dan aduk keduanya hingga terbentuk adonan pasta.
  • Oleskan pada eluruh permukaan kulit wajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas wajah hingga bersih.

8. Madu Dan Yogurt

Yogurt atau bisa diganti dengan susu ialah bahan alami yang bisa mengembalikan kelembapan kulit sehingga terhindar dari kulit kering ataupun mengelupas. Jika dipadukan dengan madu, ramuan ini bisa membantu dalam mencegah jerawat dan juga membuat wajah anda lebih tampak awet muda. Cara membuat masker ialah :
  • Siapkan 1sdm yogurt dan dicampur dengan 1sdm madu asli.
  • Aduk bahan hingga mengental dan tercampur rata.
  • Bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk halus.
  • Aplikasikan masker secara merata selama 30menit.
  • Bilas dan lakukan secara rutin 2x seminggu.

Selain beberapa paduan bahan diatas, anda masih bisa mencampur madu dengan alpukat, susu, minyak zaitun, cuka apel, baking soda, dan juga alternatif lain yang tentunya juga berasal dari bahan alami. Nah, tidak lengkap rasanya jika anda paham akan penggunaan dan cara membuat masker dari madu. Namun tidak mengetahui apa saja manfaat dari madu tersebut untuk wajah. Maka dari itu, agar informasi yang kami berikan lebih lengkap, berikut beberapa dari Manfaat Masker Madu untuk wajah serta kemampuannya dalam membersihkan wajah berjerawat.

Manfaat Masker Madu Untuk Wajah Berjerawat

Jika dirangkum dari berbagai media dan sumber di internet, ada sekitar 6 khasiat madu bagi wajah. Beberapa diantaranya ialah untuk membersihkan jerawat, merawat kulit, mengangkat sel kulit, mati dan lain sebagainya. Selengkapnya mengenai khasiat masker madu ialah :
  1. Menghilangkan Jerawat : Dari kesemuanya jenis jerawat, kesemuanya bisa anda atasi dengan manfaat madu karena didalamnya terdapat beberapa senyawa yang memang bisa membantu dalam memaksimalkan pembersihan jerawat dari wajah. Penggunaan madu bisa dibilang lebih efektif dibanding dengan bahan kosmetik yang beredar di pasaran. Selain itu, madu juga tidak akan menimbulkan efek samping karena terbentuk dari bahan dasar alami sehingga aman untuk kesehatan kulit.
  2. Menjaga Kelembapan Kulit : Jika anda mempunyai kulit yang kering dan rusak, maka salah satu alternatif yang bisa anda gunakan ialah madu. Bahan ini ampuh untuk melembapkan kulit dan mencegah kulit kering ataupun mengelupas.
  3. Mengangkat Sel Kulit Mati : Masih terkait dengan kulit kering, sel kulit mati bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung yang terlalus sering dan juga dampak lain dari penggunaan kosmetik yang salah. Sel kulit mati bisa menyumbat pori dan menjadi salah satu pemicu bersarangnya bakteri penyebab dari jerawat.
  4. Melindungi Kulit : Madu diperkaya kandungan anti-oksidan yang baik untuk menjaga dan melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Yang dimaksud disini ialah wajah anda akan terlindungi dari debu atau polusi yang menempel pada kulit.
  5. Menyamarkan Flek Hitam : Biasanya jerawat akan meninggalkan bekas berupa noda, bintik atau flek hitam yang membuat kulit tampak terlihat kotor.
  6. Menunda Penuaan Dini : Madu membuat anda lebih tampak awet muda, cerah, dan wajah lebih merona. Sebab madu berkemampuan untuk menjaga kelembapan, kekencangan, elastisitas serta merawat wajah dari yang namanya garis halus atau keriput.

(Yuk Baca Juga : Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami)
Bagaimana? Apa artikel yang kami tulis masih kurang lengkap? Kami rasa sudah cukup dan mungkin dilain waktu kami akan melakukan update agar informasi atau tutorial yang kami sediakan lebih lengkap. Namun untuk pembahasan mengenai Cara Mengobati Jerawat Dengan Madu kami akhiri dulu. Bila artikel ini berguna, maka jangan lupa dishare juga dengan teman-teman yang lain. Terima kasih!

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *