Cara Mengobati Jerawat Dengan Daun Sirih

Cara Mengobati Jerawat Dengan Daun Sirih ini merupakan sekumpulan artikel yang membahas tentang manfaat daun sirih bagi kesehatan, cara menyembuhkan, cara mengatasi dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan daun sirih. Mungkin pembahasan ini terbilang sudah sangat umum, namun guna memperbarui dan menambah wawasan supaya lebih luas. Maka tidak ada salahnya jika kami menuangkan kembali dengan artikel yang lebih fresh, lengkap serta lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Untuk lebih menyingkat waktu, mari kita langsung saja pada topik yang sudah kami rangkum pada rincian berikut ini!

Daun Sirih? Siapa yang tidak tahu dengan tanaman asli Indonesia ini. Pada umumnya tanaman sirih tumbuh merambat atau bersandar pada media disekitarnya. Sering digunakan bersama gambir, pinang, tembakau, dan juga kapur sirih. Daun sirih mempunyai kandungan antiseptik yang terbilang cukup ampuh dalam mencegah gigi berlubang serta juga sangat sering dijadikan jamu tardisional yang fungsinya untuk menghilangkan bau badan serta membuat tubuh tetap cantik, langsing dan berseri secara alami.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Daun Sirih

Di Indonesia, daun sirih memang sudah menjadi suatu ramuan yang dikenal secara turun-temurun. Namun selain itu, sirih juga sering dikaitkan dengan tanaman hias yang sekaligus berguna sebagai apotik hidup bagi kalangan masyarakat di pedesaan. Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan? Nah, untuk menjawa pertanyaan ini, dibawah ini kami juga sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang siapa tahu bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

(Yuk Lihat Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jahe)

Daun sirih mempunyai kandungan senyawa alami berupa minyak atsiri yang terbagi juga dalam minyak terbang atau yang dikenal dengan betiephenol, seskuiterpen, diatase, fenol, kavikol, kalori, zat sama, dan juga pati yang mempunyai kegunaan sebagai pembunuh kuman pada tubuh dan juga sebagai antioksidasi, fungisida dan bersifat anti-jamur. Jika dikonsumsi sebagai jamu herbal, daun sirih mempunyai khasiat yang bagus dalam mengurangi bau badan, menahan pendarahan pada mimisan, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi gangguan sistem pencernaan, hesmostatik, meluruhkan ludah, dan mengeluarkan dahak.

Untuk menggunakan daun sirih, anda bisa menerapkan dengan dua cara yaitu penggunaan luar dan juga konsumsi. Dalam hal ini pemakaian bisa sebagai obat tapal yang diolah kemudian digunakan diluar tubuh serta diolah menjadi jamu (minuman sehat) yang cara serta penggunaan sangatlah sederhana. Untuk mengetahui secara detail tentang manfaat-manfaat dari penggunaan daun sirih bisa anda lihat pada lampiran berikut ini!

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

# Pemakaian Dalam (Konsumsi)
Seperti yang sudah pernah kami sebutkan diatas, jika anda mengkonsumsi jamu dari daun sirih maka khasiat yang anda bisa mengobati batuk, sariawan, jerawat, diare, sakit gigi, keputihan, sakit gigi karena berlubang, bronkitis, melancarkan haid (menstruasi yang tidak teratur), meringan gusi bengkak, menghilangkan bau ketiak, menjernihkan dan membersihkan mata, mengobati radang tenggorokan, meringankan gejala sesak nafas (asma), mengurangi bau mulut, dan obat herbal untuk demam berdarah. Manfaat ini bisa anda dapat dengan mengkonsumsi rebusan air daun sirih.

# Pemakaian Luar (Obat Tapal)
Untuk pemakaian diluar tubuh, biasanya daun sirih dihaluskan terlebih dahulu kemudian dijadikan obat oles yang dibubuhkan pada bagian kulit yang terdapat masalah. Dan dalam hal ini daun sirih berkhasiat untuk mengobati eksim (ruam pada kulit), menyembuhkan luka bakar, korengan (pyodermi), sakit mata, pendarahan gusi, mengurangi produksi ASI yang berlebihan, kurap kaki, menghentikan mimisan, mempercepat penuaan bisul, dan mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Apa saja manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat? Tentunya pertanyaan ini juga juga membutuhkan jawaban yang mudah dipahami agar anda tidak bingung dalam menerapkan atau menggunakan daun sirih sebagai alternatif pengobatan. Namun sebelumnya anda harus mengetahui apa yang menjadi Penyebab Jerawat tersebut sehingga dengan begitu anda akan bisa mengambil langkah tepat untuk mengatasi masalah wajah khususnya terkait dengan jerawat.

Pada postingan sebelumnya kami juga pernah membahas jenis-jenis jerawat yang salah satunya ialah jerawat batu yang penyebarannya tidak hanya terdapat pada wajah. Apa saja khasiat daun sirih untuk wajah jika digunakan secara rutin? Berikut selengkapnya.
  1. Daun sirih mempunyai sifat anti-bakteri yang bisa membunuh dan membersihkan kuman atau bakteri selaku penyebab dari munculnya jerawat. Sifat ini sangat ampuh dan bisa menjaga wajah anda terhindar dari serangan jerawat membandel.
  2. Menangkal radikal bebas karena daun sirih diperkaya dengan antioksidan sehingga menghambat pertumbuhan bakteri dan juga mengurangi peradangan yang disebabkan.
  3. Mempunyai daya anti-septik yang kemampuannya sangat baik dalam membasmi berbagai macam jenis bakteri pada kulit. entah itu penyebab gatal-gatal, jamur ataupun penyebab jerawat. Efektif juga untuk menyamarkan flek noda hitam bekas jerawat secara alami.
  4. Mencegah terjadinya iritasi yang disebabkan bakteri karena mengandung senyawa chevikol sehingga sangat ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dimaksud.
  5. Menghambat pertumbuhan bakteri dan meregenerasi sel kulit sehingga tampak halus, lembut, awet muda dan cerah merona setiap hari.

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, anda bisa menggunakan berbagai bahan alternatif seperti jahe, bawang putih, jeruk nipis, madu dan lain sebagainya. Namun bagaimana jika memakai daun sirih? Jika keterangan diatas membahas mengenai manfaat daun sirih, berikutnya kami akan memberikan resep-resep sederhana yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Berikut selengkapnya!

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Sirih

# Masker Daun Sirih Tanpa Campuran
Cara ini merupakan yang paling mudah dan sangat simple. Yang perlu anda lakukan ialah hanya menyiapkan beberapa lembar daun sirih kemudian menghaluskannya hingga berubah bentuk menjadi adonan kental. Cara penggunaan pun tidak membutuhkan waktu yang relatf lama. Nah untuk lebih rinci, berikut cara membuat dan menggunakannya!
  • Hal pertama yang perlu anda siapkan ialah sekitar 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, 1 gelas air hangat dan juga sedikit garam dapur (secukupnya) yang sudah dihaluskan.
  • Selanjutnya tumbuk daun sirih hingga halus (bisa juga diblender agar proses lebih cepat) sehingga daun sirih berubah menjadi adonan halus dan kental.
  • Proses berikutnya ialah mencampur sirih halus dengan air (masukkan air hangat pada satu wadah) serta didiamkan hingga air tercampur rata dan air menjadi hijau keseluruhan.
  • Saring air dan pisahkan dari ampas daun sirih yang kasar serta masukkan garam yang sudah disiapkan tadi. Aduk hingga garam larut dan menyatu dengan air.
  • Jika sudah selesai, maka ramuan tersebut bisa langsung diaplikasikan pada wajah secara merata (utamakan pada bagian wajah yang terdapat jerawat).
  • Diamkan paling tidak 30 menit atau hingga wajah terasa kaku dan masker mulai meresap keseluruhan.
  • Bilas wajah anda dengan air hingga bersih serta dikeringkan dengan handuk halus.
  • Jika hasil ingin lebih optimal, maka anda bisa melakukan treatmen ini setiap hari hingga wajah benar-benar bersih dari jerawat.

# Merebus Daun Sirih Untuk Basuh Wajah
Jika cara yang pertama ialah tanpa direbus, namun anda bisa juga dengan mendidihkan daun sirih dengan air supaya air yang didapat bisa dimaksimalkan. Dibandingkan dengan cara diatas, merebus daun sirih sebenarnya tidak mempunyai perbedaan jauh. Bahkan cara ini boleh dibilang lebih efisien dan paling digemari karena terbilang sangat mudah. Untuk langkah-langkan pembuatan ialah :
  • Sediakan paling tidak 3 hingga 5 lembar daun sirih dan 2 gelas air putih.
  • Cuci dan tumbuk kasar daun sirih kemudian ditaruh pada panci dan tuangkan air yang sudah disiapkan.
  • Rebus air pada kompor hingga mendidih (paling tidak selama 15 menit) hingga mengeluarkan aroma harum.
  • Angkat dan tiriskan pada wadah cukup besar agar air rebusan daun sirih cepat dingin.
  • Selanjutnya basuh wajah anda dengan air tersebut secara merata sembari melakukan pemijatan halus (khususnya pada area wajah yang terjadi radang jerawat).
  • Biarkan sejenak hingga air meresap pada kulit (diperkirakan sampai wajah kering atau paling tidak selama 25 menit).
  • Bilas wajah anda hingga bersih dan lakukan secara rutin setiap hari agar hasil lebih maksimal.

# Mengkonsumsi Daun Sirih Sebagai Jus
Cara ini merupakan alternatif yang bisa anda gunakan jika anda tidak suka dengan rasa pahit. Jamu identik dengan aroma yang tidak enak dan juga pahit getir dilidah. Maka dari itu, mungkin jus daun sirih ini bisa menjadi solusi bagi anda. Karena didalamnya anda bisa memadukan sedikit campuran gula untuk meredam rasa tidak enak tersebut. Bagaimana cara membuat jus daun sirih? Berikut selengkapnya!
  • Siapkan 2 hingga 3 lembar daun sirih kemudian cuci dan tumbuk kasar.
  • Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, angkat dan tiriskan.
  • Saring air hingga terpisah dari ampas kemudian blender dengan tambahan es batu, gula dan juga sedikit madu.
  • Jika minuman dirasa sudah lembut dan tercampur rata, angkat dan tuang kedalam gelas.
  • Minum secara rutin setiap hari agar wajah anda bersih dari jerawat.

# Mencampur Daun Sirih Dengan Rimpang Kunyit
MSirih dan kunyit merupakan bahan herbal yang berkhasiat cukup baik untuk dunia kesehatan maupun kencantikan. Kunyit juga berkemampuan sebagai astringen yang ampuh untuk membersihkan wajah dari kotoran serta yang minyak yang menempel pada wajah. Denga begitu wajah anda akan terhindar dari timbulnya jerawat karena peradangan bisa dicegah. Untuk cara membuat dan menggunakan ialah :
  • Sediakan sekitar 7 lembar daun sirih dan 1 ibu jari rimpang kunyit.
  • Cuci kedua bahan kemudian tumbuk hingga halus atau bisa juga diblender.
  • Tambahkan sekitar 2 gelas air dan direbus hingga mendidih hingga tersisa setengahnya.
  • Angkat, saring dan tiriskan (bisa juga menampah sedikit garam dapur).
  • Jika sudah hangat, maka anda bisa meminumnya segera.
  • Agar bisa cepat memperoleh hasil seperti yang anda inginkan, maka bisa meminum ramuan ini sebanyak 2x sehari secara rutin.

# Menyatukan Daun Sirih Dengan Madu
Sama halnya dengan cara pertama, madu dan sirih ada sedikit keterkaitan erat jika sudah membahas mengenai jerawat pada wajah. Keduanya mempunyai kemampuan yang cukup efektif dalam membersihkan jerawat serta menjadikan kulit lebih bersih karena terhindar dari bintik hitam yang ditinggalkan. Kemampuan madu untuk melembabkan kulit, menjadikan wajah tetap lembut, tidak kering dan mencegah menutupnya pori sehingga meminimalisir adanya perkembangan bakteri pada wajah. Nah, untuk langkah-langkah pembuatan serta penggunaan diantaranya :
  • Pertama anda harus mempersiapkan terlebih dahulu 3 helai daun sirih, 2 gelas air dan 1sdm madu asli.
  • Cuci dan rebus daun sirih dengan air hingga tersisa separuhnya (1 gelas).
  • Tunggu hingga hangat dan siap minum baru dicampur dengan madu.
  • Aduk keduanya hingga merata dan madu larut serta menyatu dengan air rebusan.
  • Seanjutnya bisa diminum secara rutin paling tidak 1x sehari hingga wajah bersih dari jerawat.

# Memadukan Daun Sirih Dengan Minyak Kelapa
Minyak kelapa asli juga berkhasiat untuk membantu wajah anda terbebas dari masalah jerawat. Namun sebelumnya anda juga harus memperhatikan porsi yang tepat agar tidak berlebih agar tidak menambah masalah yang seharusnya terselesaikan. Jika anda mempunyai jerawat wajah yang membandel, salah satu solusinya ialah dengan mengkonsumsi ramuan daun sirih yang diolah dengan campuran minyak kelapa asli. Yang perlu anda siapkan ialah :
  • Sediakan sekitar 4 lembar daun sirih dan juga minyak kelapa asli.
  • Rebus daun sirih yang sudah dicuci dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja.
  • Saring dan tunggu hingga air menjadi hangat serta campurkan 1sdt minyak kelapa.
  • Aduk keduanya hingga tercampur kemudian bisa langsung anda minum.
  • Agar hasil optimal, maka konsumsilah secar rutin 1x sehari hingga jerawat sembuh.

Selain bisa menyembuhkan jerawat, daun sirih juga sangat cocok bagi anda yang mempunyai masalah dengan bekas noda atau flek hitam yang ditinggalkan oleh jerawat. Cara penggunaan sangat sederhana serta bahannya pun mudah didapat dan ramuan ini bisa anda buat sendiri dirumah. Pertama anda siapkan 10 helai daun sirih, 1 ibu jari rimpang jahe dan cuci keduanya hingga bersih. Tumbuk kasar dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat dan tiriskan yang sebelumnya juga sudah disaring agar lebih mudah untuk diminum. Jika sudah hangat, maka anda bisa langsung mengkonsumsinya.

(Yuk Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Lemak Pada Wajah)

Demikianlah ulasan singkat tentang Cara Mengobati Jerawat Dengan Daun Sirih. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan juga berguna bagi anda yang membutuhkan.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *