Cara Menghilangkan Jerawat Dan Mencegah Tumbuh Kembali

Cara Menghilangkan Jerawat Agar TidakTumbuh Lagi mungkin sudah banyak anda baca dan lihat pada blog-blog kecantikan di dunia internet. Tapi apakah semua tips yang disediakan membuahkan hasil? Tentunya hal tersebut membutuhkan uji coba sehingga anda memperoleh hasil dan memberikan komentar positif. Dengan melalui masa percobaan tersebut, nantinya anda akan terkagum akan segala treatmen yang anda lakukan. Sebab semua mungkin kurang disadari dan tidak terpikirkan akan memberikan dampak yang cukup baik bagi wajah anda yang sedang mengalami jerawat. Nah, bagaimana sih cara mengatasi dan mencegah jerawat muncul lagi? Mungkin beberapa rangkuman yang sudah kami sediakan dibawah ini bisa sedikit membantu dan memberikan semua jawaban yang ingin anda ketahui. Yuk langsung saja simak sama-sama.

Mengingat kembali pada postinga kami yang sebelumnya. Sebelum anda melakukan pengobatan jerawat, ada baiknya jika mengamati terlebih dahulu penyebab dari jerawat tersebut. Dan setiap jenisnya, jerawat pada wajah mempunyai tips dan cara tersendiri agar kemunculannya tidak semakin parah. Nah, dengan begitu anda bisa mengambil langkah yang lebih tepat dalam menerapkan dan mempraktekkan semua tips yang anda peroleh dari internet. Bagaimana cara mengetahui jenis jerawat pada wajah anda? Tentunya sebelumnya kami juga sudah memposting tentang Jenis-Jenis Jerawat pada umumnya. Silahkan disimak terlebih dahulu supaya anda lebih paham dan mengerti akan langkah-langkah akan anda terapkan selanjutnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Mencegah Tumbuh Kembali

Nah kembali pada topik, cara apa yang tepat untuk membersihkan jerawat pada wajah? Pertanyaan ini sudah sangat umum dan sering dialami oleh semua kalangan wanita khususnya. Sebab jerawat merupakan suatu masalah yang mempengaruhi penampilan. Jika wajah anda berjerawat, maka tidak menutup kemungkinan bahwa rasa percaya diri terasa berkurang sehingga mungkin akan membuat anda minder bertatapan langsung dengan teman disekitar anda.

(Yuk Lihat Juga : Cara Menghilangkan Efek Jerawat Pada Wajah)

Apa saja yang menjadi faktor Penyebab Jerawat?
Tidak jauh dengan topik-topik yang lain pada artikel sebelumnya, Penyebab Jerawat bisa berasal dari kegiatan kita sehari-hari. Penyebab tersebut bisa karena produksi minyak beelebih, kuman yang menyebabkan radang, pori-pori yang terlalu besar (menyebabkan lebih mudahnya kotoran masuk dan mengendap), penggunaan sabun wajah yang salah, faktor genetik, penumpukan sel kulit mati, alergi dengan jenis makanan tertentu, perubahan hormon, darah kotor, dampak penggunaan alat kontrasepsi KB, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, anda harus memaksimalkan kebersihan dan juga menjaga asupan jenis makanan yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah?
Memang langkah pembersihan jerawat dari wajah terbilang gampang-gampang sulit. Sebab dengan adanya faktor tertentu, mungkin anda akan frustasi karena jerawat pada wajah tidak kunjung hilang. Namun jika anda memang niat dan sungguh-sungguh untuk membersihkan wajah dari jerawat, pastinya ada begitu banyak langkah yang bisa anda tempuh meskipun hasilnya kurang begitu memuaskan. Dan cara-cara alami dalam mengatasi jerawat sudah kami tulis lengkap pada postingan sebelumnya. Contoh ialah 25 obat herbal untuk atasi jerawat, cara menghilangkan jerawat ala korea, Cara mengobati jerawat akibat KB dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika ingin mengetahui lebih, silahkan anda cek sidebar dan related post dibawah.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Tumbuh Kembali?
Seperti yang sudah tertera pada judul, kami akan mencoba memberikan semua informasi yang anda butuhkan. Karena dengan menerapkan tips sederhana ini, kami yain bahwa jerawat pada wajah akan jera dan sulit untuk tumbuh kembali jika anda konsisten dalam melakukannya. Apa anda sudah penasaran? Berikut rincian selengkapnya!!!

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Mencegah Tumbuh Kembali

1. Rajin Membersihkan Wajah
Tidak hanya untuk pencegahan, meskipun sedang melakukan pengobatan, anda harus tetap rajin dalam membersihkan wajah anda secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah penumpukan kotoran, membersihkan bakteri, dan menjaga kelembapan kulit wajah agar tidak kering. Sebaiknya berapa kali dalam sehari membersihkan wajah? Anda lakukan sewajarnya saja, paling tidak 2 hingga tiga kali dalam sehari. Yang paling baik ialah selepas anda keluar rumah dan sebelum anda tidur dimalam hari. Bertujuan untuk membersihkan kotoran dan sisa kosmetik yang masih menempel pada kulit wajah. Sedangkan untuk tips pembersihan, gunakanlah sabun yang sesuai dengan kulit anda serta mengeringkan wajah setelah dicuci dengan handuk halus.

2. Terapkan Make Up Sewajarnya Saja
Tidak sedikit dari kalangan wanita yang ingin selalu tampil sempurna ketika bertemu dengan seseorang diluar rumah. Tidak hanya gaun dan perhiasan yang digunakan, namun pengunaan make up juga harus lebih maksimal agar wajah terlihat lebih muda. Padahal menggunakan make up berlebih malah menyumbat pori sehingga kulit tidak bernafas dengan baik. Jika make up menempel pada wajah secara terus-menerus (khususnya bedak), maka tidak menutup kemungkinan bahwa wajah anda akan ditumbuhi jerawat. Tipsnya sih gunakanlah make up tipis-tipis saja jika terpakasa, atau paling tidak hindari penggunaan make up supaya anda lebih terlihat cantik secara alami.

3. Pakai Pelembab Yang Sesuai Untuk Wajah
Meski tidak diwajibkan, namun penerapan pelembab sangat disarankan bagi anda. Soalnya dengan begitu kulit anda akan lebih sehat (asal pelembab yang digunakan cocok dengan kulit anda). Jika anda tidak mengetahui secara pasti akan jenis kulit anda, ada baiknya menggunakan pelembab yang universal alias bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Disarankan juga pelembab yang mempunyai anti UV guna menangkal sinar matahari yang bisa merusak kulit khususnya wajah.

4. Mengkonsumsi Obat Jerawat
Tidak ada salahnya jika anda selalu menyediakan stok obat jerawat dirumah anda. Obat ini bisa berupa suplemen atau ramuan khusus yang anda dapat dari resep dokter. Jika anda tidak berkonsultasi langsung, maka anda bisa menanyakan pada apoteker yang lebih paham akan kulit wajah. Hal ini bertujuan agar anda tidak salah pilih dalam mengkonsumsi obat sehingga hasil yang nantinya anda dapat bisa lebih maksimal.

5. Menghindari Sinar Matahari Langsung
Mungkin anda tidak sadar bahwa sinar matahari bisa merusak kulit. Dampak yang terlihat ialah kulit menghitam karena terbakar sengatan matahari di siang hari. Oleh karena itu anda disarankan untuk menggunakan pelembab sebagai salah satu bentuk perlindungan agar kulit wajah tidak rusak. Sinar matahari juga akan mempercepat produksi minyak yang pada akhirnya bisa memicu munculnya jerawat. So.. sebisa mungkin gunakan pengaman agar kulit anda terlindungi dari kerusakan.

6. Jaga Kebersihan Rambut
Kenapa harus rambut? Media ini merupakan salah satu media yang mempermudah penyebaran kuman pada wajah. Jika rambut anda panjang dan selalu menyentuh wajah, maka sebaiknya diikat atau paling tidak selalu dijaga kebersihannya dengan cara keramas secara rutin. Hal lain rambut sangat mengandung minyak, sarang kuman yang baik dan juga bisa menjadi salah satu pemicu dari timbulnya jerawat pada wajah.

7. Memperbanyak Konsumsi Air Putih
Air merupakan elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bisa manjaga proses metabolisme, air ini juga mempunyai fungsi untuk menetralkan racun dan melarutkan lemak berlebih dalam tubuh. Hal ini sangat berpengaruh bagi wajah anda. Jadi tidak ada salahnya jika anda tambah porsi minum air agar tubuh tetap sehat luar dalam.

8. Jaga Kebersihan Tangan Dan Kuku
Sebenarnya anda sangat tidak dianjurkan jika terllau sering menyentuh wajah dengan tangan. Jika memang terpaksa, maka bisa menggunakan bantuan tisu atau sapu tangan agar mengindari kontak langsung dengan kulit wajah. Secara tidak sadar, tangan merupakan sarang kuman yang cukup baik. Khususnya pada kuku tangan yang panjang. Jadi bersihkan tangan dan potonglah kuku anda secara rutin.

9. Menjaga Asupan Makanan Yang Anda Konsumsi
Ada begitu banyak jenis makanan yang bisa merusak kesehatan kulit. Salah satunya ialah makanan siap saji yang belakangan ini semakin marak dan digemari oleh semua orang. Padahal makanan tersebut tidak sehat dan bisa menjadikan tubuh terganggu dari segi kesehatan khususnya sistem pencernaan. Kenapa demikian? Makanan ini mengandung pengawet dan terkadang terdapat kandungan lemak yang tinggi sehingga mungkin bisa terjadi penumpukan kolesterol dalam tubuh. Terkait dengan jerawat, ada baiknya perbanyak konsumsi sayur (khususnya biji-bijian), buah dan bahan lain yang banyak mengandung vitamin E.

10. Hindari Stres Dan Berpikirlah Positif
Pikiran yang berat dan stres akan memicu perubahan hormon pada tubuh. Hal tersebut akan berdampak pada wajah yang pada akhirnya muncul  jerawat serta terlihat sangat kusam. Dengan selalu berpikiran positif, maka stres akan bisa dihindari dan secara tidak langsung wajah anda pun akan tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

11. Perbaiki Waktu Istirahat
Dengan istirahat yang teratur, maka kulit akan sehat dan mungkin bisa mencegah penuaan dini. Hal ini juga sangat erat kaitannya dengan pencegahan stres yang secara tidak langsung akan berdapak baik bagi kesehatan ataupun kecantikan. Dengan pikiran tenang, rileks, dan istiahat yang cukup, sedikit banyak akan berpengaruh dengan pencegahan munculnya jerawat pada wajah.

12. Rajin Menerapkan Olahraga
Olahraga tidak hanya menyehatkan untuk tubuh, namun juga ikut andil dalam merawat wajah agar terhindar dari jerawat. Keringat yang keluar pada wajah akan sangat membantu dalam membuka pori dan mengangkat kotoran yang menempel (sisa bedak atau kosmteik). Tidak hanya itu saja, olahraga rutin juga akan meregenerasi sel kulit sehingga sisa kulit mati yang menempel akan lebih bersih.

13. Hindari Penggunaan Helm Yang Ketat
Jika anda hendak berkendara, ada baiknya jika memperhatikan jenis helm yang anda kenakan. Atur agak sedikit renggang agar sirkulasi udara lebih lancar. Jaga juga kebersihan hel (khususnya pada kain bagian dalam). Karena untuk sekarang ini bagian tersebut bisa dilepas dan dicuci secara rutin.

14. Menggunakan Masker Dari Bahan Alami
Ada begitu banyak jenis ramuan herbal yang bisa anda gunakan sebagai masker. Bisa saja tergolong dari jenis buah, sayur, dan rempah yang bisa anda dapat dari lingkungan sekitar. Bahan yang paling umum digunakan ialah jeruk nipis, madu, pepaya, lidah buaya, dan lain sebagainya. Pilih salah satu dan raih wajah cantik anda secara alami yang bebas jerawat.

15. Konsultasikan Dengan Dokter
Yang dimaksud ialah dokter spesialis yang memang khusus menangani kesehatan kulit. Tanyakan jenis kulit anda dan bagaimana cara mengatasi jerawat agar tidak kambuh kembali. Jika anda mempunyai dana lebih, terkadang dokter menganjurkan untuk melakukan pembersihan menggunakan laser, injeksi hormon (suntik hormon), atau menggunakan alat lain yang saat ini sudah serba canggih. Sangat cocok bagi anda yang menginginkan hasil secara instan.

(Yuk Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Nodul Pada Wajah)

Cukup sekian untuk artikel Cara Menghilangkan Jerawat Dan Mencegah Tumbuh Kembali. Semoga apa yang kami tulis ini bisa memberikan sedikit pencerahan bagi anda yang sedang membutuhkan. Share juga dengan teman-teman yang lain agar pengetahuan ini tidak berhenti hanya pada anda. Terima kasih!

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *