Cara Menghilangkan Jerawat Akibat KB

Cara Menghilangkan Jerawat Akibat KB mungkin sudah banyak ditemukan dan anda baca pada media internet. Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang khususnya kalangan wanita yang mengalami permasalahan tersebut sehingga menimbulkan efek buruk bagi wajah dikarenakan kan memunculkan jerawat atau hal lain yang nantinya bisa mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan. Sama persis dengan potingan kami sebelumnya terkait dengan Penyebab Jerawat, salah satu pemicu dari tumbuhnya jerawat pada wajah ialah penggunaan KB. Entah itu melalu media suntik ataupun pil (kapsul). Nah, oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit tips dalam mengatasi jerawat yang disebabkan oleh penggunaan KB bagi kalangan wanita.

Memang perlu anda ketahui bahwa efek samping yang muncul karena KB suntik ataupun PIL bisa berakibat berbeda. Namun yang paling sering dialami pada awal-awal penggunaan pastinya menimbulkan gejala dan masalah ini sebenarnya bisa hilang dalam jangka waktu beberapa bulan atau setelah melewati siklus menstruasi lebih dari satu kali. Nah, agar artikel yang kami tulis ini lebih lengkap, maka kami akan membagi dengan masing-masing jenis suntik dan juga pil yang mungkin dampak yang akan ditimbulkan tidak sama.

Cara Menghilangkan Jerawat Akibat KB

Yang pertama ialah dampak yang disebabkan oleh Suntik KB karena jenis ini merupakan sesuatu yang paling sering atau paling umum digunakan. Suntik KB adalah suntik Progesteron yang dipadukan dengan KB suntik Kombinasi. Jika dipelajari lebih lanjut, kedua jenis KB suntik tersebut mungkin akan menimbulkan suatu efek yang nantinya bisa berbeda-beda. Lebih terperinci, KB suntik Kombinasi adalah jenis suntikan yang terdiri dari 25mg Depo Medroksiprogesteron asetat, 5mg Estradiol Sipionat, 50mg Noretindron Enantat, serta 5mg Estradiol Valerat. Kombinasi ini diberikan pada satu kali injeksi setiap bulannya. Sedangkan KB suntik Progesteron terbagi dalam dua jenis, yang pertama ialah Depo Medroksiprogesteron Asetat (didalamnya terdapat kandungan 150mg DMPA) yang diberikan setiap 3 bulan sekali dan yang kedua ialah Depo Noretisteron Anantat dengan kandungan 200mg serta diberikan setiap 2 bulan sekali.

(Yuk Lihat Juga : Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami)

Apa saja efek samping yang biasanya terjadi pada penggunaan Suntik KB? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kami merangkum beberapa keterangan singkat yang diambil dari berbagai sumber di internet. Salah satu gejala tersebut diantaranta :
  1. Amenorhea : Gejala ini adalah adanya darah haid yang tidak berkumpul didalam rahim. Jika tidak terjadi yang namanya kehamilan, maka efek ini mungkin tidak memerlukan pengobatan lanajutan (khusus). Namun jika siklus menstruasi masih berlanjut dan terus-terusan bermasalah (apalagi sampai terjadi proses kehamilan), maka Suntik KB mungkin harus dihentikan. Meskipun sebenarnya suntikan hormon progestin dan estrogen ini tidak mempunyai pengaruh sedikitpun pada janin yang dikandung.
  2. Mual Diserta Muntah : Mungkin gejala ini sangat sering dialami oleh wanita yang menggunakan KB khususnya jenis suntik. Efek ini sebenarnya akan hilang seiring bertambahnya hari meski tidak diambil langkah pengobatan. Namun ada baiknya jika anda berkonsultasi dan membicarakannya dengan bidan atau dokter ahli.
  3. Pendarahan : Biasanya dikenali dengan adanya bercak (spotting) yang juga sering terjadi pada pengguna KB suntik. Namun jika gejala ini berlanjut, ada baiknya jika menggunakan alternatif kontrasepsi lain.
  4. Pusing (Sakit Kepala) : Terkadang pada awal pemakaian suntik KB, anda akan mengalami sakit kepala. Namun hal ini bisa anda atasi dengan mengkonsumsi Anti Prostaglandin yang tujuannya ialah untuk mengurangi pusing.
  5. Hematoma : Gejala ini bisa anda ketahui pada perubahan kulit yang berubah warna menjadi kebiruan. Sebelumnya anda jangan khawatir, sebab gejala ini bisa anda atasi dengan mengompres dengan air dingin paling tidak 2 hari yang kemudian dilanjutkan dengan kompres air hangat agar warna kulit anda yang biru kembali normal.
  6. Perubahan Berat Badan : Bisa saja badan menjadi lebih gemuk ataupun sebaliknya yaitu sangat kurus. Sudah lumrah jika dampak ini menjadi efek samping dari penggunaan KB suntik. Namun jika perubahan yang terjadi terlalu berlebihan, alangkah baiknya jika anda menghentikan dan mengganti dengan alat kontrasepsi jenis lain.
  7. Keputihan : Biasanya gejala ini akan menimbulkan suatu cairan yang keluar dari organ kewanitaan. Dan untuk mengurangi cairan yang keluar, biasanya menggunakan anti cholinergic extrabelladona dengan takaran 10mg 2x1 tablet. Sedangkan untuk perubahan warna ataupun bau yang ditimbulkan, hal tersebut merupakan dampak lain yang disebabkan oleh adanya infeksi kuman.

Ada begitu banyak Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Pada Wajah. Namun bagaimana jika jerawat tersebut disebabkan oleh KB? Tentunya masih akan menimbulkan tanda tanya yang butuh suatu jawaban pasti agar anda tidak lagi merasa kebingungan. Ada juga suatu penelitian yang menjelaskan bahwa menyemuhkan jerawat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi Pil KB. Hal ini juga sudah pernah disetujui oleh Food and Drugs Administration (FDA) dan mungkin bisa juga anda terapkan agar wajah tetap bersih dan bersinar.

Cara kerja dari Pil KB ialah untuk menekan kadar hormon androgen sehingga kandungannya menurun. Namun biasanya dengan takaran dan kombinasi yang pas dengan berbagai jenis yang sudah ditentukan oleh dokter. Meski bisa dijadikan acuan, namun anda masih diharuskan untuk selalu waspada dan memperhatikan yang kemungkinan akan timbul. Sedangkan untuk hasil biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama (kira-kira setelah beberapa bulan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Akibat KB? Seperti yang sudah kami tulis pada post-post sebelumnya. Ada begitu banyak jenis pengobatan herbal yang penggunaannya lebih aman serta tidak akan memunculkan efek samping yang buruk bagi kesehatan kulit ataupun tubuh. Seperti 25 Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Jerawat. Dan juga tips-tips lain yang bisa anda lihat pada related post dibawah. Jadi dengan begitu anda akan lebih banyak mempunyai pilihan alternatif agar wajah anda terhindar dari yang namanya jerawat.

Jika anda ingin keterangan yang lebih terperinci ataupun lebih detail, berikut kami menyediakan beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat secara alami.
  1. Cara Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih
  2. Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis
  3. Cara Mengatasi Jerawat Dengan Madu
  4. Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Super Cepat, dan
  5. Cara Menghilangkan Jerawat Ala Artis Korea

Dari kelima tips diatas, anda bisa memilih salah satu dan perlu juga mempelajari jenis-jenis jerawat serta disebabkan oleh apa. Dengan begitu nantinya anda akan memperoleh dan mengambil langkah tepat dalam penanganan dan penyembuhan jerawat yang benar.

(Yuk Baca Juga : Cara Mengobati Jerawat Dengan Madu)

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan tentang Cara Menghilangkan Jerawat Akibat KB. Mengenai kurang lebih dan kesalahan, kami harap anda maklum dan bisa memahami yang kami maksud. Sekian dan jangan lupa dishare ya!

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *