Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di punggung

Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di punggung bisa anda baca dan ketahui lebih banyak pada media internet. Hal yang perlu anda lakukan ialah dengan menggunakan judul artikel ini sebagai kata kunci pencarian di Google. Namun dengan membuka salah satu posting yang kami rangkum ini, mungkin anda tidak perlu mencari lagi pada tempat atau blog lain dikarenakan ulasan yang kami buat sudah lebih lengkap, detail serta lebih mudah dipahami. Nah, sebagai pelengkap dari sebagian besar artikel pada blog ini, maka pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa informasi terkait dengan cara membersihkan jerawat yang sering sekali terdapat pada punggung.

Mengulas sepintas tentang jerawat dipunggung, memang pada dasarnya tidak akan terlihat dikarenakan tertutup oleh busana yang anda kenakan. Namun ketika anda melakukan aktifitas rutin, tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan membuka baju dan Salah satu contoh kegiatan tersebut berupa renang sehingga membuat jerawat pada tubuh khususnya punggung akan terlihat. Nah dari sinilah terkadang masalah mulai muncul karena jerawat tersebut biasanya berjumlah banyak dan menjadikan rasa percaya diri tidak maksimal. Otomatis orang sekitar akan melihat bahwa punggung anda dipenuhi dengan jerawat.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di punggung

Muncul dan terletak dimanapun jerawat, pastinya akan sangat mengganggu serta membuat rasa percaya diri anda berkurang. Mungkin anda juga perlu membaca penyebab jerawat diwajah pada postingan kami sebelumnya. Nah selain itu jerawat pada punggung juga menimbulkan perasaan tidak nyaman pada saat melakukan aktifitas. Hal tersebut dikarenakan sering muncul rasa gatal, sakit dan terkadang juga terasa terus ingin membuka baju. Nah, jika jerawat jenis ini terjadi pada anda, mungkin beberapa rangkuman singkat berikut bisa memberikan sedikit langkah penyelesaian.

(Yuk Lihat Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Alami Cepat Dan Efektif)

Faktor Penyebab Jerawat Di Punggung Dan Dada

Sebelum berlanjut pada tahapan-tahapan cara mengobati. Ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada punggung dan juga dada. Sebab dengan begitu nantinya anda akan mempunyai langkah pencegahan dan lebih mempersiapkan diri agar tidak mengulangi permasalahan ini muncul kembali. Untuk lebih ringkas dan singkat, berikut selengkapnya!

1. Pemakaian Busana Yang Kurang Tepat
Pakaian yang anda kenakan sangat berpengaruh dalam munculnya jerawat pada pungung. Jika memilih jenis kain yang tidak sesuai (tidak baik dalam menyerap keringat) serta ukuran yang terlalu ketat, maka akan mengganggu keluarnya keringat dan menjadikan anda merasa tidak nyaman serta mungkin sangat panas. Jadi untuk tips sederhananya ialah dengan memilih busana yang lebih longgar dan tipis agar sirkulasi udara lebih lancar.

2. Sering Berkeringat
Keringat berlebih yang keluar pada saat anda melakukan aktifitas berat sangat tidak baik dan bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat pada punggung. Meski terbilang sehat, namun jika anda tidak menjaga kebersihan tubuh secara maksimal. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa kulit akan lembab dan menjadi salah satu media yang bagus untuk bakteri berkembang.

3. Pemakaian Pelembut Dan Pewangi Pakaian
Penggunaan pelembut atau pewangi pakaian bisa menjadi salah satu faktor yang perlu anda waspadai. Sebab tidak semua bahan tersebut bisa sesuai dengan jenis kulit anda. Bisa saja pengunaan pelembut malah menjadi pemicu iritasi yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat. Terkadang dampak lain dari pewangi akan memperparah bau badan dan menyebabkan bau yang sangat tidak sedap jika tercampur dengan keringat.

4. Pemakaian Kondisioner
Bahan ini mungkin sangat baik untuk perawatan rambut. Namun kandungan silikon yang terdapat pada kondisioner juga bisa memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, jika anda memang pengguna dan sering menerapkan bahan ini pada rambut. Usahakan tidak mengenai kulit khususnya pada bagian punggung. Jika memang sudah terlanjur terjadi, ada baiknya jika segera membersihkan atau membilasnya dengan air bersih.

5. Penggunaan Tas Punggung
Tas punggung bisa saja menjadi penyebab dari munculnya jerawat pada punggung. Hal ini karena beban berat dan selalu menempel pada tubuh yang menjadikan keringat tertahan pada satu posisi. Jika anda ingin menggunakan tas yang baik dan nyaman, kurangi beban dan usahakan memakai tas yang talinya tipis.

Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung

Dengan membaca beberapa penyebab yang sudah kami sebutkan diatas. Tentunya anda sudah bisa melakukan antisipasi guna mencegah munculnya jerawat seperti yang dimaksud. Namun bagaimana jika anda sudah mengalami atau sudah terdapat jerawat pada punggung? Mungkin tips berikut bisa dijadikan suatu acuan untuk menghilangkan jerawat membandel dipunggung anda.

1. Menjaga Kebersihan Tubuh
Kebersihan tubuh merupakan kunci utama agar terhindar dari segala jenis penyakit kulit. Sebab jerawat akan lebih mudah muncul pada kulit yang kotor dan menjadi sarang bakteri karena tidak bersih. Bakteri yang bercampur dengan keringat serta kotoran yang menempel pada kulit, pada akhirnya akan menimbulkan rasa gatal, iritasi dan peradangan. Jadi lakukan mandi secara rutin (rata-rata sehari 3x) dengan menggunakan sabun anti-bakteri.

2. Jaga Kebersihan Kuku Tangan
Kegiatan ini sering dilakukan secara tidak sadar dikarenakan rasa gatal pada punggung yang menuntut anda untuk segera menggaruknya. Padahal kuku yang panjang dan kotor merupakan sarang bakteri dan mungkin saja mempermudah penularan kuman dan penempelan bakteri pada punggung. Usahakan kontrol kuku anda dan potong jika sudah terlalu panjang.

3. Menggunakan Scrub
Scrub merupakan salah satu treatmen yang paling tepat untuk pengangkatan sel kulit mati yang menempel pada kulit. Tujuannya ialah untuk mencegah terjadinya infeksi pada kulit yang disebabkan oleh adanya bakteri. Usahakan juga memilih jenis scrub yang sesuai dengan jenis kulit anda (jika menggunakan produk-produk dipasaran). Namun anda juga bisa menggantinya dengan scrub alami yang tentunya lebih aman dan nyaman untuk semua jenis kulit.

4. Menggunakan Jeruk Lemon
Lemon kaya akan nutrisi yang khasiatnya juga terbilang cukup baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan bahan ini kulit anda lebih bersih dan terhindar dari segala gangguan kulit khususnya bagi jerawat. Jika digunakan pada wajah, perasan lemon sangat bermanfaat sebagai pencerah dan menyamarkan flek hitam bekas jerawat. Bagaimana jika digunakan pada punggung? Pastinya tidak jauh berbeda. Namun untuk menggunakannya, anda harus memadukan air jeruk lemon dengan air hangat. Oleskan pada punggung yang berjerawat mengggunakan bantuan kain halus atau kapas dan didiamkan hingga mengering. Selanjutnya anda bisa melakukan pembilasan.

5. Memakai Putih Telur
Kandungan dalam putih telur sudah banyak dibuktikan manfaatnya. Salah satu dari kegunaan dari putih telur ini ialah untuk mengencangkan kulit dan juga mengatasi jerawat pada wajah. Cara menggunakan pun terbilang sangat sederhana. Anda hanya perlu memisahkan antara kuning dan putihnya kemudian oleskan putih telur tersebut pada area kulit yang terdapat jerawat di bagian punggung. Diamkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air bersih.

6. Memanfaatkan Obat Aspirin
Aspirin adalah salah satu obat demam yang bisa anda dapat dengan mudah. Didalamnya terdapat manfaat anti-inflamasi yang cukup membantu dalam mengurangi radang pada kulit. Untuk diterapkan pada punggung, anda bisa menghaluskan aspirin (biasanya berupa pil) kemudian dicampur dengan sedikit air hangat. Oleskan pada jerawat serta dibiarkan hingga mengering antara 15 hingga 20 menit. Proses akhir ialah melakukan pembilasan dengan air es.

7. Menggunakan Buah Tomat
Tomat sayur memang sudah sangat umum dijadikan masker untuk merawat wajah dari gangguan jerawat. Tomat yang sudah tua (warna kemerahan) sangat cocok untuk dijadikan alternatif pengganti scrub. Pertama anda harus menyiapkan buah tomat yang sudah matang kemudian dihaluskan dengan blender hingga berubah menjadi pasta. Oleskan pada punggung yang berjerawat serta mendiamkannya hingga mengering. Langkah akhir ialah membilasnya dengan air bersih.

8. Menggunaan Jeruk Nipis
Selayaknya lemon, jeruk nipis juga diperkaya kandungan vitamin C yang mempunyai sifat membersihkan. Antioksidan alami ini ampuh untuk membunuh kuman serta bakteri yang menjadi pemicu munculnya jerawat. Untuk menerapkan, campurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat secukupnya. Oleskan pada kulit punggung yang ada jerawat dan tunggu hingga mengering. Selanjutnya baru bisa anda bilas.

9. Menggunakan Kulit Jeruk
Hal ini juga terkait dengan jeruk nipis dan lemon. Jeruk yang umum kita makan dalam kehidupan sehari-hari ini juga sangat kaya dengan kandungan vitamin C. Sementara daging buahnya bisa anda konsumsi, kulit dari buah jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih jerawat pada punggung. Cara membuat ialah dengan merendam kulit jeruk kering dan menghaluskannya hingga membentuk gel. Tambahkan sedikit susu serta diaduk hingga kedua bahan menjadi adonan yang kalis. Terapkan pada jerawat di punggung anda dan didiaman sekitar 15 hingga 20 menit. Proses akhir ialah dengan membilasnya dengan air es.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat Pada Punggung

Jika anda sudah paham akan penyebab dan cara mengatasi jerawat, tentunya juga akan muncul pertanyaan mengenai bagaimana cara mencegah jerawat tersebut nongol kembali. Karena meskipun mengambil langkah-langkah pengobatan, penggunaan kosmetik berupa lotion dan sebagainya bisa memicu munculnya kembali jerawat pada punggung. Nah oleh karena itu, ada baiknya jika anda juga mempelajari tentang cara-cara yang bisa anda lakukan agar masalah tersebut bisa dihindari. Salah satu solusi yang bisa anda ketahui terdapat pada rincian singkat berikut ini!
  • Selingi penggunaan ransel atau tas punggung yang terlalu menempel pada punggung dengan tas jinjing. Hal ini bertujuan agar keringat bisa keluar lebih bebas dan sirkulasi udara lebih lancar.
  • Kenakan pakaian yang berbahan tipis dan bisa lebih mudah dalam menyerap keringat. Hindari menggunakan pakaian basah (tidak kering maksimal) dan pilihlah kain yang aman dan nyaman untuk kulit.
  • Usahakan menjaga kebersihan tempat tidur seperti sprei dan sarung bantal. Tips ini sangat cocok bagi anda yang tidak suka tidur dengan keadaan menggunakan kaos atau piyama.
  • Bersihkan punggung secara maksimal ketika anda sedang mandi. Gosok dengan spons bertongkat agar bisa menjangkau semua area yang dikehendaki.

(Yuk Baca Juga : 31 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah)
Mungkin hanya sekian saja untuk bahasan mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di punggung. Tidak ada salahnya jika anda juga melihat jenis-jenis jerawat agar pengetahuan anda seputar masalah umum ini bisa lebih luas. Jangan lupa dishare ya..!!! Terima kasih!

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *