Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Super Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Super Cepat ini mungkin sudah banyak beredar dan bisa anda temukan dengan mudah pada pencarian di internet. Karena tidak sedikit juga para blogger yang menyajikan informasi terkait guna mendapat penyelesaian agar masalah ini tidak larut dan berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama. Memang pada dasarnya seseorang pasti mengalami yang namanya jerawat pada wajah. Tapi tentang masalah jerawat batu menjadi sorotan penting karena sedikit berbeda dengan jenis jerawat yang lain. Nah oleh karena itu, untuk sekedar melengkapi serta menambah wawasan anda terkait dengan cara mengatasi jerawat batu, berikut ini kami juga sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang siapa tahu bisa memberikan anda referensi lebih luas tentang cara mengobati jerawat batu yang semakin banyak pada wajah.

Jerawat merupakan suatu masalah yang sudah tidak asing dan sangat umum dialami oleh siapa saja. Pasalnya masalah ini sering dikaitkan dengan kalangan remaja dimana pada masa tersebut lebih rentan terkena jerawat karena sering terjadi perubahan hormon dan juga terdapat beberapa faktor yang mendukung sehingga jerawat lebih mudah tumbuh. Nah, jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang boleh dibilang sangat mengganggu penampilan. Karena pada dasarnya jerawat jenis ini lebih identik dengan ukurannya yang lebih besar, kadang juga bernanah sehingga menjadikan wajah anda terlihat sangat tidak elok ketika dipandang. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa anda harus cepat-cepat mengambil langkah untuk membersihkan jerawat batu tersebut dari wajah anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Super Cepat

Sebenarnya ada begitu banyak treatmen perawatan yang bisa anda lakukan. Salah satunya ialah Cara Membersihkan Jerawat Ala Korea dan juga menggunakan bahan-bahan alami lain yang sudah kami bahas sebelumnya. Dikarenakan pendrita jerawat pada umumnya ialah kalangan remana. Maka langkah-langkah yang harus dilakukan ialah harus dengan cara sederhana agar kelembutan dan kehalusan kulit tidak rusak. Ciri umum jerawat ialah terdapat suatu peradangan dan kemudian melebar sehingga wajah menjadi bengkak atau juga muncul ruam berwarna kemerahan. Jika jerawat sudah parah, maka bisa juga terdapat nanah yang juga bercampur dengan darah dengan efek sakit atau nyeri yang sangat menyiksa. Apabila gejala ini tidak segera teratasi, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah karena bisa menimbulkan bopeng atau lubang pada wajah ketika jerawat sudah mulah sembuh.

(Yuk Lihat Juga : 8 Cara Menghilangkan Jerawat Ala Korea)

Nah, Masalah jerawat akan menjadi lebih serius ketika yang anda alami ialah jerawat batu. Sebab jerawat yang juga dikenal dengan istilah Cystic Acne ini mempunyai ciri yang sangat mencolok. Ditandai dengan adanya bengkak yang cukup besar, bertekstur kasar serta berkumpul menjadi satu pada titik tertentu yang mengakibatkan ruam atau pembengkakan semakin parah. Jadi guna mencegah agar wajah anda terhindar dari jerawat batu. Ada cara-cara sederhana yang bisa anda lakukan yang salah satunya ialah selalu menjaga kebersihan kulit wajah.

Ciri-Ciri Jerawat Batu Pada Wajah

Seperti apa ciri-ciri jerawat batu? Dari begitu banyaknya jenis jerawat, tentunya anda akan bertanya juga mengenai ciri yang bisa anda kenali untuk meminimalisir adanya jerawat batu pada wajah. Oleh karena hal tersebut, kami berusaha merangkum dari beberapa sumber yang kami dapat dari internet agar pengetahuan anda tentang jerawat batu lebih maksimal. Untuk lebih singkatnya, berikut beberapa ciri umum mengenai jerawat batu.
  • Ukuran Lebih Besar : Begitu banyak jenis jerawat seperti jerawat pasir, komedo dan lain-lainnya. Jerawat batu lebih besar jika dilihat dari segi pembengkakan. Jadi dengan melihat bentuknya saja, sudah pasti bisa kelihatan dengan jelas bahwa ukuran jerawat yang lebih bisa jadi itu merupakan jerawat batu. Namun untuk lebih memperjelas, anda juga harus mengetahui ciri yang lain.
  • Tekstur Lebih Keras : Pada dasarnya jerawat pada wajah akan terasa sangat kaku pada wajah. Namun pada jerawat batu bentuk dan teksturnya lebih keras ketika ditekan. Jadi untuk menghindari agar jerawat tidak semakin parah, maka ada baiknya jika anda menghindari untuk menekannya.
  • Terasa Nyeri Ketika Ditekan : Mungkin jerawat pada umumnya akan terasa sakit ketika disentuh. Namun berbeda lagi jika jerawat yang anda alami ialah jerawat batu. Rasa nyeri yang akan ditimbulkan sangat menyiksa dan sulit hilang meski dalam jangka waktu yang relatif lama.
  • Lebih Mudah Menyebar : Perlu anda ketahui, semua jenis jerawat akan cepat menyebar jika terlalu sering dipegang khususnya dengan tangan dan kuku yang berada dalam keadaan tidak steril. Selain penyebarannya boleh dibilang sangat cepat, jerawat batu juga akan meninggalkan bekas berupa lubang (bopeng) yang mungkin akan memperburuk penampilan wajah anda.

Faktor Penyebab Jerawat Batu Pada Wajah

Apa saja sih penyebab dari munculnya jerawat batu? Jika dilansir dari postingan kami sebelumnya. Ada begitu banyak faktor pemicu dari timbulnya jerawat. Mungkin anda bisa membacanya terlebih dahulu agar pengetahuan anda lebih detail dan bahkan bisa lebih luas. (baca : Penyebab Jerawat). Tapi secara khusus ada pantangan dan juga cara tersendiri untuk setiap jenis jerawat. Maka dari itu dibawah ini kami juga sudah menyediakan beberapa faktor yang menjadi pemicu umum dari munculnya jerawat batu.
  • Kurangnya Menjaga Kebersihan : Salah satu faktor yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat ialah keadaan tubuh dan juga lingkungan yang tidak higienis. Salah satunya ialah tangan khususnya kuku yang merupakan sarang terbaik untuk berkembangnya kuman atau bakteri. Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah harus menjaga kebersihan wajah anda dengan cara mencuci (membasuh) secara rutin dan juga memotong kuku agar kuman tidak bisa berkembang.
  • Penggunaan Kosmetik : Bagi anda yang suka menggunakan kosmetik berupa bedak bubuk atau yang lainnya. Tentu pada akhir pembersihan akan meninggalkan sisa yang menempel pada pori wajah. Dan dikarenakan hal ini pula pori pada wajah akan tersumbat sehingga memicu adanya radang. Jika kosmetik tidak bersih secara sempurna, sungguh tidak menutup kemungkinan bahwa wajah anda akan mengalami jerawat. Sisa kosmetik yang bercampur minyak, akan membuat bakteri atau kuman penyebab jerawat akan lebih cepat berkembang.
  • Faktor Keturunan : Gen seseorang tidak bisa memungkiri bahwa keturunan (anak cucunya) juga akan merasakan hal yang sama. Jika dalam sejarah keluarga memang sudah umum mengalami jerawat, tentunya anda mungkin juga bisa merasakannya. Pelajari silsilah keluarga dan lakukan pencegahan agar wajah anda terhindar dari yang namanya jerawat.
  • Kelenjar Minyak Berlebih : Selain faktor genetik, kelenjar minyak juga bisa menjadi salah sati pemicu dari munculnya jerawat batu. Karena produksi minyak pada wajah tidak terkontrol, maka kuman lebih mudah menempel kemudian bersarang pada pori yang pada akhirnya menimbulkan peradangan.
  • Jenis Kulit Yang Sensitif : Jika anda mempunyai jenis kulit yang sensitif, tentunya akan sangat sulit untuk menghindari adanya serangan dari kuman. Apabila anda melakukan langkah salah dan tidak sesuai dalam penerapan kosmetik, sudah pasti wajah akan mengalami radang.
  • Paparan Sinar Matahari : Kandangan Sinar UVA dan UVB pada matahari akan menyebabkan kulit wajah terbakar. Dengan begitu kulit wajah akan mengering dan bisa menyumbat pori-pori karena adanya sel kulit mati. Sunburn juga akan mempercepat produksi minyak yang pada akhirnya harus diambil langkah khususnya agar jerawat batu tidak muncul dengan cepat.
  • Pertumbuhan Sel Kulit Yang Abnormal : Sel kulit yang tumbuh secara tidak normal akan menjadi penyebab dari munculnya jerawat batu. Selain bekas jerawat lebih sulit dihilangkan, proses regenerasi sel kulit juga akan lebih lambat dan menjadikan penampilan anda tidak seperti pada kulit yang normal.
  • Penutup Kepala/Wajah Yang Ketat : Jika anda sering menggunakan pengaman wajah dari sinar matahari, tentunya anda harus pandai dalam memilih bahan serta menggunakan cara pemakaian yang tepat. Jika alat terlalu ketat, maka akan menghambat proses sirkulasi udara yang pada akahirnya akan memancing perkembangan kuman pada wajah menjadi lebih cepat. Usahakan gunakan berbahan tipis dan longgar.
  • Terdapat Kelebihan Sel Kulit pada folikel rambut : Kelenjar minyak yang berlebih akan memicu munculnya jerawat batu pada wajah. Tapi tahukah anda jika kelebihan sel kulit mati pada folikel rambut merupakan salah satu faktor yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan terdapat tumpukan bakteri pada sel kulit mati yang pada akhirnya bisa menyebabkan peradangan. Bakteri ini dikenal dengan Propionibacteria selaku jenis bakteri yang bisa menimbulkan jerawat batu.

Cara Mengobati Jerawat Batu Secara Alami

Bagaimana cara mengobati jerawat batu secara alami? Nah, dari sekian banyak bahan yang bisa anda gunakan. Dibawah ini kami juga sudah menyediakan beberapa resep yang siapa tahu bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah yang anda alami. Mari kita simak tentang bagaimana cara membuat dan menggunakannya pada wajah.

1. Mengobati Jerawat Batu Dengan Bawang Putih
Seperti yang sudah kami tulis pada artikel Cara Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih. Bahan yang berasal dari bumbu dapur ini mempunyai kemampuan yang cukup unik karena terdapat kandungan anti-inflamasi yang bisa mengurangi radang (bengkak) yang disebabkan oleh kuman penyebab jerawat. Untuk pembuatan dan penggunaan terbilang sangat mudah, anda hanya butuh mengiris tipis kemudian menempelkan pada jerawat atau bisa juga dengan diterapkan sebagai masker. Langkah selengkapnya ialah :
  • Siapkan sekitar 2 hingga 3 siung bawang putih yang sudah dikupas (dibuang kulit luarnya).
  • Haluskan dengan cara diblender (bisa juga menggunakan cara tradisional yaitu di ulek).
  • Tambah sedikit air hingga adonan lebih kental (agar lebih mudah dalam penerapan).
  • Aplikasikan pada wajah selama beberapa menit dan bilas.
  • Lakukan secara rutin agar hasil lebih optimal dan wajah anda bersih dari jerawat.
2. Menerapkan Masker Kentang
Kentang merupakan salah satu bahan yang sudah sangat umum dijadikan masker karena kemampuanya terbilang baik dalam menyerap minyak berlebih pada wajah dan juga menjadikan kulit lebih halus dan kencang secara alami. Untuk menggunakan, anda cuma perlu menghaluskan dan mengoleskan langsung pada wajah sebagai masker. Selengkapnya :
  • Siapkan kentang berukuran sedang (sekiranya cukup untuk wajah) kemudian kupas.
  • Cuci bersih dan haluskan dengan menggunakan blender (bisa juga dengan cara diparut).
  • Bubuhkan pada wajah selama kurang lebih 15 hingga 25 menit (sampai masker meresap pada kulit).
  • Bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin pada malam hari sebelum anda beranjak tidur.
3. Mengobati Jerawat Dengan Mahkota Dewa
Pada buah tanaman ini terdapat sifat anti-inflamasi yang juga mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Mahkota dewa terbilang sangat efektif untuk mengatasi jerawat khususnya jenis jerawat batu. Bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Berikut selengkapnya!
  • Sediakan buah, daun dan umbi mahkota dewa kemudian cuci bersih.
  • Haluskan bahan diatas dengan sedikit tambahan air agar membentuk pasta.
  • Bubuhkan pada wajah sebagai masker dan didiamkan selama kurang lebih 25 menit.
  • Langkah akhir ialah dengan membilasnya dengan air hingga bersih.
4. Mengatasi Jerawat Batu Dengan Sidaguri
Berbeda dengan penggunaan bahan lainnya, manfaat sidaguri bisa anda peroleh dengan cara melakukan penguapan pada wajah. Tidak butuh langkah rumit, yang perlu anda lakukan ialah hanya menyiapkan bahan kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Untuk cara lebih detail, berikut selengkapnya!
  • Sediakan batang sidaguri lengkap dengan daun dan bunganya sebanyak 3 helai.
  • Cuci kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih.
  • Tuang pada baskom atau wadah yang lumayan besar sehingga bisa menampung air rebusan tadi.
  • Posisikan wajah diatas baskom sehingga uapan air mengenai wajah.
  • Agar lebih efektif, anda bisa melakukan cara ini 1 hingga 2 hari sekali.
5. Membersihkan Jerawat Batu Dengan Mengkudu
Mengkudu masih tergolong dalam jenis obat herbal untuk menghilangkan jerawat. Khasiatnya masih dipercaya bisa menyembuhkan jerawat batu dengan cepat dan efektif. Meski sudah terbilang sulit untuk mendapatkannya, namun sampai saat ini mengkudu masih eksis dan banyak dicari untuk merawat tubuh dari gangguan darah kotor dan juga membersihkan wajah dari gangguan jerawat. Untuk menggunakan mengkudu, anda bisa membuat jus kemudian mengkonsumsinya, hal ini bisa dikatakan pengobatan dari dalam. Namun anda juga bisa menerapkan dari luar sebagai masker. Bagaimana cara membuatnya? Berikut selengkapnya!
  • Siapkan buah mengkudu yang sudah matang dan blender hingga halus.
  • Padukan dengan sedikit perasan lemon dan aduk hingga keduanya tercampur rata.
  • Bersihkan wajah anda dan kering dengan handuk halus.
  • Aplikasikan masker pada wajah secara perlahan dan merata.
  • Diamkan hingga meresap sekitar 15-25menit.
  • Bilas hingga bersih.
6. Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis dan Lemon
Jeruk nipis dan lemon mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam membersihkan wajah dari minyak, kuman serta kotoran yang menempel pada kulit. Selain itu untuk mendapatkan bahan ini juga terbilang mudah. Cara penerepan cukup dengan mengambil air dari bahan yang dimaksud dan oleskan pada wajah dengan bantuan kapas. Tunggu hingga mengering dan proses akhir ialah dengan membilasnya dengan air hingga bersih.

Cara Mencegah Jerawat Batu Pada Wajah

Jika anda sudah mengatahui beberapa penyebab, ciri-ciri dan juga cara mengatasi jerawat batu. Tentunya anda juga harus paham tentang bagaimana cara mencegahnya agar tidak muncul kembali. Langkah yang perlu anda lakukan sangatlah sederhana. Agar tidak membutuhkan waktu lama, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat batu pada wajah.
  • Bersihkan wajah secara rutin dengan cara mencuci muka sebelum dan sesudah tidur.
  • Perbanyak konsumsi air putih agar bisa meminimalisir adanya radikal bebas dan juga mencegah kulit mengalami dehidrasi.
  • Usahakan membersihkan wajah secara maksimal sebelum dan sesudah anda menggunakan kosmetik kecantikan. Hal ini bertujuan agar pori-pori pada wajah tidak tertutup.
  • Perbanyak konsumsi buah serta sayur agar kulit tetap sehat dan juga mengembalikan nutrisi kulit yang hilang. Usahakan juga fokus pada biji-bijian yang banyak mengandung vitamin E.
  • Hindari jenis makanan yang banyak mengandung kolesterol. mengandung lemak, alk0hol, gorengan, dan bahan pangan lain yang pedas.
  • Memanfaatkan masker alternatif yang bisa anda buat sendiri dirumah. Gunakan bahan dari buah atau herba lain seperti bengkoang, jeruk nipis, kopi, apas teh, dll.

(Yuk Baca Juga : 7 Cara Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih)
Nah cukup sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Super Cepat. Semoga apa yang kami tulis diatas bisa membantu dan memberi sedikit tambahan ilmu bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *