31 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah umumnya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu contohnya ialah produksi minyak yang berlebihan, wajah terlalu kotor (kurang menjaga kebersihan), dan masih banyak lagi hal-hal sederhana yang mungkin tidak anda sadari. Dan guna melakukan antisipasi agar wajah terhindar dari jerawat, sudah sepatutnya bisa anda juga mengetahui apa saja yang menjadi pemicu munculnya jerawat pada wajah tersebut. Dan pada kesempatan ini, kami akan mencoba untuk memberikan rangkuman yang terkait dengan beberapa faktor-faktor umum yang menjadi penyebab dari awal mula wajah berjerawat.

Seperti yang sudah kami bahas pada postingan sebelumnya yaitu jenis-jenis jerawat, bahasa medis yang paling tepat dari radang atau pembengkakan ini dikenal dengan sebutan acne vulgaris. Gejala ini merupakan suatu masalah sederhana yang sudah sangat umum terjadi pada wajah. Lebih tepatnya pada bagian hidung (sebagai komedo), dahi, dan juga pipi. Selain itu bisa juga pada leher, bahu dada, dan punggung. Jadi jerawat ini bisa terjadi pada siapa saja dan juga tidak memandang umur. Entah itu kalangan remaja ataupun yang sudah berusia lanjut. Meskipun sudah umum, namun acapkali jerawat menjadi suatu masalah yang selalu dikeluhkan. Sebab secara tidak langsung kemunculannya akan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan. Maka dari itu, anda harus paham betul mengenai apa saja penyebab munculnya jerawat pada wajah sehingga bisa melakukan pencegahan dan selalu merawat wajah agar terhindar dari masalah jerawat.
31 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Pada kalangan remaja pada umumnya, sebagian besar masih mempertanyakan tentang apa yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat pada wajah. Untuk mengetahui secara pasti, tentunya bagi anda yang belum paham akan mencari informasi dari berbagai sumber sehingga bisa melakukan pencegahan secara benar. Nah, untuk melakukan hal antisipasi tersebutlah maka anda juga harus tahu betul tentang penyebab atau pemicu jerawat kemudian bisa mengambil langkah pencegahan untuk menghindari jerawat timbul pada wajah.

(Yuk Lihat Juga : Jenis-Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya)

Nah, langkah besar yang harus anda pahami ialah dengan mencari tahu beberapa penyebab dari munculnya jerawat pada wajah. Hal ini bisa anda lakukan sebelum mengambil tindakan untuk Cara Menghilangkan Jerawat. Jadi, dengan lebih banyak informasi maka anda akan lebh siap dalam mengatasi dan melakukan pencegahan secara pasti, baik dan juga benar. Untuk mempersingkat waktu, Berikut beberapa hal umum yang sering sekali menjadi masalah dari pemicu munculnya jerawat membandel pada wajah.

Penyebab Umum Munculnya Jerawat Pada Wajah

1. Kuman Dan Bakteri
Bakteri dan kuman merupakan faktor utama penyebab dari munculnya jerawat. Bisa dibilang bakteri ini merupakan pemicu paling serius karena terus berkembang dan membuat wajah mengalami peradangan. Disebut dengan p. acne yang tedapat pada kulit dan beranak biak dalam kelenjar sebaceos sehingga menyebabkan penyumbatan dan menimbulkan iritasi pada daerah kulit disekitarnya. Jika kelenjar tersebut mulai pecah, maka akan terjadi proses pembengkakan dan menimbulkan rasa sakit yang mungkin akan sangat terasa pada bagian wajah. Bekas luka jerawat akan meninggalkan lubang selayaknya penyakit kulit seperti bisul dan cacar air. Salah satu bahan alami yang baik untuk anti-bakteri ialah bawang putih. (Baca : 7 Cara Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih)

2. Produksi Minyak Yang Berlebih
Wajah bersih dan selalu dijaga mungkin akan lebih meminimalisir timbulnya jerawat. Jika wajah tidak terawat, kemungkinan produksi minyak pada wajah akan bertambah. Meski tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor kebersihan, namun minyak pada wajah akan mempercepat penumpukan kotoran yang pada akhirnya akan memicu timbulnya penyumbatan pori selaku penyebab munculnya jerawat. Faktor internal juga sangat berpengaruh, seperti pola hidup yang kurang sehat serta asupan makanan dan perubahan hormon. Jerawat muncul dikarenakan kondisi kulit abnormal dan disebabkan oleh terjadinya gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak. Jika masalah ini berlanjut, maka penyumbatan pada saluran folikel pori tidak bisa dihindarkan.

3. Penumpukan Sel-sel Kulit Mati
Sel kulit mati sering menjadi masalah wajah yang seharusnya tidak anda alami. Kulit mati ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan sabun yang salah, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, dan juga hal-hal lain seperti penggunaan obat-obatan ataupun kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Minyak yang bercampur dengan sel kulit mati akan menjadi sarang yang baik untuk pertumbuhan bakteri pada wajah yang pada akhirnya menjadi pemicu timbulnya ruam selalu bentuk awal dari jerawat. Sel kulit mati akan menyumbat pori, semakin tebal dan terasa sangat kasar atau wajah terlihat seperti mengelupas.

4. Faktor Genetik
Banyak yang merasakan adanya jerawat pada wajah dikarenakan faktor genetik atau memang sudah dibawa sejak lahir. Biasanya dibarengi dengan riwayat hidup orang tua yang mempunyai masalah dengan wajah khususnya jerawat. Penyebab ini yang biasanya sulit disembuhkan, namun dengan berbagai perawatan tentunya bisa juga diatasi secara bertahap.

5. Alergi Terhadap Makanan Dan Minuman
Seperti yang pernah kami sebutkan diatas, asupan makanan juga bisa menjadi salah satu pemicu dari timbulnya jerawat. Hal ini bisa juga dikarenakan alergi terhadap makanan atau jenis minuman tertentu yang pada akhirnya menimbulkan jerawat pada wajah. Terkait dengan ini biasanya jenis makanan tersebut berupa seafood, susu, dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu saja, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, makanan rendah vitamin E dan terlalu banyak Vitamin A akan membuat jumlah produksi minyak pada wajah semakin bertambah.

6. Perubahan Hormon
Wanita mempunyai resiko paling tinggi dibanding dengan kalangan pria. Sebab ada kemungkinan 7 hari sebelum menstruasi akan muncul ruam-ruam kecil pada wajah dan berahir pada jerawat. Perubahan hormon juga terjadi pada usia-usia tertentu dan yang paling rentan ialah kalangan remaja khususnya bagi remaja yang memasuki masa pubertas. Berubahnya hormon bisa dipicu oleh penggunaan obat kimia, sedang mengalami proses kehamilan, dan mungkin masih banyak faktor lain yang tidak terduga oleh anda.

7. Ada Tekanan Pada Wajah (friksi)
Hal ini secara tidak sadar selalu anda lakukan setiap hari. Seperti menempelkan wajah pada bantal ketika tidur, menggunakan ponsel untuk menelpon, dan hal lain yang tidak anda sadari. Dalam hal ini perlu sekali anda menjaga kebersihan tempat tidur khususnya sarung bantal. Sebab menempelknya wajah pada benda kotor akan memicu perkembangan bakteri lebih cepat.

8. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut
Mungkin anda akan bertanya kenapa harus rambut yang dibersihkan? Hal ini sebenarnya terhubung karena rambut yang kotor akan lebih mudah berminyak. Secara tidak sengaja anda akan menggaruk kepala dan menyentuh wajah secara bersamaan. Minyak yang terdapat pada rambut lebih mudah tercampur bakteri pada kuku yang pada akhirnya menempel pada wajah. Jika tidak segera dibersihkan, maka kuman atau bakteri akan berkembang sehingga menimbulkan ruam sebagai bentuk awal dari jerawat.

9. Terlalu Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda
Soda mempunyai kandungan aspartame yang merupakan suatu zat yang dalam menimbulkan jerawat pada wajah. Minuman soda juga bisa menciptakan radang (inflamasi) pada tubuh manusia karena kandungannya. Minuman jenis ini menyebabkan efek buruk bagi tubuh dan dapat menurunkan PH kulit. Dengan keadaan kulit yang tidak normal, maka jerawat pada wajah akan lebih mudah muncul.

10. Terjadinya Penyumbatan Pada Pori Wajah
Pori yang tersumbat akan menghambat sirkulasi udara dan juga keluarnya keringat pada wajah. Hal ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan make up yang terlalu tebal, terlalu banyak sel kulit mati, produksi minyak berlebih yang memicu menempelnya kotoran atau debu serta masih banyak lagi yang lainnya. Penyumbatan ini pada akhirnya akan menyebabkan benjolan kecil berupa ruam dan terbentuklah jerawat yang sangat mengganggu penampilan.

(Yuk Simak Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Alami Cepat Dan Efektif)

Penyebab Umum Pemicu Jerawat Lainnya :

1. Infeksi Bakteri Pada wajah
Disebabkan oleh kurang memperhatikannya kebersihan sehingga bakteri yang menempel pada wajah lebih mudah berkembang serta memicu adanya ruam atau pembengkakan. Pori yang tersumbat oleh kotoran yang penuh bakteri pada akhirnya akan membengkak atau bahkan terparah sampai bisa mengeluarkan nanah.

2. Perubahan Hormon Testosteron
Hal ini sering terjadi pada kalangan pria. Ketika sedang mencintai seseorang atau karena produksi yang testosteron yang berlebihan, maka jerawat bisa saja muncul. Sudah sangat lazim dan bisa terjadi pada semua kalangan pria.

3. Memegang Dan Memencet Jerawat
Mungkin sebagian orang tidak sadar bahwa tindakan memencet jerawat ini hanya akan memperparah keadaan. Hal ini akan memicu penyebaran bakteri serta membuat radang semakin besar. Apalagi benda atau tangan yang digunakan sedang dalam keadaan tidak steril.

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih
Air putih kaya akan mineral yang bisa menjaga proses metabolisme tubuh. Asupan air yang cukup pada tubuh akan membuat kulit tetap lembab dan mencegah pori-pori tersumbat dikarenakan tubuh lebih mudah berkeringat.

5. Dampak Mengkonsumsi Pil KB
Bagi kalangan wanita yang sudah berumah tangga, mengkonsumsi Pil KB merupakan salah satu langkah untuk mengontrol proses kehamilan. Namun apakah anda sadar bahwa pil ini bisa memicu perubahan hormon pada tubuh yang pada akhirnya produksi minyak pada wajah menjadi abnormal. Tapi dampak ini tidak berlaku untuk semua orang.

6. Darah Kotor
Istilah ini sering kita baca atau lihat pada bungkus-bungkus jamu tradisional. Jika darah dalam keadaan kotor, hal ini akan lebih mudah untuk menimbulkan berbagai macam jenis penyakit kulit. Tidak hanya jerawat saja, namun bisa jadi korengan, panu, kadas, bisul, dan lain sebagainya.

7. Faktor Usia
Perubahan umur merupakan salah satu faktor penyebab dari timbulnya jerawat. Dengan bertambahnya usia, maka produksi minyak pada wajah semakin tinggi guna mempertahankan elastisitas dan juga membuat wajah lebih kencang. Hal ini sebenarnya suatu bentuk pertahanan kulit agar lebih awet muda. Proses lain sering terjadi pada usia yang masih muda, salah satu contoh ialah kalangan remaja yang memasuki masa pubertas serta kalangan pria yang sudah mulai mengenal cinta.

8. Penyumbatan Pori Oleh Sel Kulit Mati
Sel kulit mati bisa terjadi karena penggunaan sabun yang kasar, paparan sinar matahari langsung, dan juga hal-hal lainnya. Pada umumnya terjadi penyumbatan pori dikarenakan sel kulit mati yang bercampur minyak. Pada akhirnya akan membuat pori tertutup dan mencegah keluarnya keringat pada wajah.

9. Rambut Yang Menempel Pada Wajah
Rambut yang berminyak mengandung kotoran dan juga kuman yang tidak baik bagi wajah. Dampak ini akan berujung pada perkembangan bakteri dan menjadi ruam pembentuk jerawat.

10. Mengkonsumsi Alk0hol dan Merok0k
Kedua jenis bahan ini berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Keduanya bisa mengganggu metabolisme tubuh dan membuat darah anda menjadi kotor. Pada akhirnya akan memicu muncul berbagai jenis penyakit kulit yang salah satunya jerawat.

11. Terlalu Sering Terkena Paparan Sinar Matahari
Untuk sekarang ini sudah banyak sekali jenis produk kecantikan sunblock yang bisa mencegah kerusakan pada kulit. Sebab kandungan UVA dan UVB pada matahari akan membuat kulit terbakar. Tidak hanya menjadi gelap, namun kulit akan kering yang pada akhirnya akan terjadi penumpukan sel kulit mati pada wajah.

12. Mengkonsumsi Cokelat Berlebihan
Cokelat mempunyai kandungan yang bisa memicu hormon tertentu. Jika dikonsumsi berlebih, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan muncul jerawat pada wajah. Meski dibilang bisa menenangkan, namun ada baiknya jika anda mengkonsumsi cokelat sewajarnya saja.

13. Kurangnya Asupan Vitamin A dan B
Vitamin A mempunyai kemampuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada tubuh. Secara tidak langsung terkait juga dengan jerawat yang salah satu pemicunya adalah bakteri.

(Yuk Cek Juga : Cara Mengatasi Jerawat Lemak Pada Wajah)

14. Kurang Asupan Vitamin C
Nutrisi ini mempunyai peran penting bagi tubuh. Vitamin C selaku antioksidan alami menjadi tubuh lebih kuat dan sistem imun lebih terjaga. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan juga mencegah perumbuhan bakteri pada tubuh.

15. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah
Wajah yang bersih tentunya akan lebih baik dibanding dengan wajah berminyak dan kotor. Jika pada wajah anda tidak terdapat minyak dan debu, maka tidak mustahil bahwa wajah anda akan terhindar dari jerawat. Tipsnya ialah mencuci wajah secara rutin namun jangan berlebihan.

16. Polusi Udara Yang Kotor
Udara kotor mengandung banyak asap dan debu akan mempercepat produksi minyak apda kulit khususnya wajah. Jika minyak bercampur dengan polusi (radikal bebas), maka tidak heran jika mulai muncul ruam, bintik merah dan pada akhirnya berubah menjadi jerawat.

17. Penurunan Hormon Pada Wanita
Seiring ketidakstabilan emosi, terkadang kaum hawa lebih mudah terserang jerawat. Penuruna hormon wanita bisa terjadi karena bertambahnya usia, atau bisa juga dikarenakan oleh penyebab lain.

18. Stres Atau Terlalu Banyak Pikiran
Beban pikiran yang terlalu berat akan mengakibatkan stres. Karena hal ini akan menimbulkan masalah baru seperti perubahan hormon tubuh, dll. Hindari stress maka kemungkinan wajah anda akan terhindar dari jerawat.

19. Alergi Kimia Pada Kosmetik
Tidak semua jenis kosmetik cocok atau sesuai dengan kulit anda. Sebab kandungan kimia yang terdapat pada setiap kosmetik mempunyai kandungan berbeda. Bisa saja salah satu kandungan tersebut menyebabkan alergi pada kulit.

20. Sering Menggaruk Wajah
Pada kondisi tertentu, kemungkinan saja wajah akan terasa gatal. Dan secara tidak sengaja anda menggaruk sehingga menjadi pemicu dari timbulnya iritasi pada kulit.

21. Akibat Kelenjar Terlalu Aktif
Produksi minyak pada tubuh terkadang bisa terjadi secara berlebihan. Jika terlalu aktif, bisa jadi karena tuntutan perubahan kulit serta hal lain yang salah satunya perubahan hormon dan akibat mengkonsumsi obat atau pil KB.

(Yuk Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeuk Nipis)

Sekian untuk artikel 31 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah. Semoga yang kami tulis disini bisa membantu dan menambah wawasan terkait dengan pencegahan dan cara membersihkan jerawat pada wajah.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *