25 Obat Herbal Alami Tradisional Untuk Menghilangkan Jerawat

25 Obat Herbal Alami Tradisional Untuk Menghilangkan Jerawat ini muungkin sudah pernah anda baca pada beberapa artikel yang tersebar di dunia internet. Namun jika dilihat dari segi rangkuman serta penyajian dalam  penulisan, postingan yang kami tulis ini dirasa lebih lengkap, detail, serta lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Kenapa menggunakan bahan atau ramuan herbal? Sebab dari segi efek samping tentunya tidak membahayakan dan bahkan bisa dijamin keamanan serta kenyamanannya. Hal tersebut dikarenakan bahan alami yang anda gunakan tanpa bahan kimia yang pada dasarnya cukup baik untuk kulit wajah serta tidak ada dampak meskipun digunakan dalam jangka waktu relatif panjang.

Begitu banyak sekali jenis bahan atau obat alami yang dipercaya bisa menyembuhkan serta memiliki khasiat yang cukup ampuh dalam mengatasi jerawat pada wajah. Hal ini sudah banyak yang membuktikan dan kesemuanya meninggalkan testi positif dikarenakan memang memberi hasil yang cukup mumpuni dalam membersihkan wajah dari jerawat. Nah oleh karena itu, tidak ada salahnya juga jika anda memilih salah satu bahan berikut sebagai salah satu acuan untuk merawat dan menjaga wajah dari gangguan jerawat.

25 Obat Herbal Alami Tradisional Untuk Menghilangkan Jerawat

Apa itu jerawat? Hal ini juga sudah pernah kami bahas sebelumnya. Pada artikel tersebut kamu sudah menerangkan mengenai Jenis-jenis jerawat serta menyajikan juga lampiran berupa pemicu atau penyebab jerawat pada wajah. Untuk informasi yang lebih detail guna melakukan pencegahan dan pengobatan. Ada baiknya jika anda membacanya juga agar pengetahuan yang anda punya lebih maksimal. Jika anda sudah paham akan jenis dan penyebab, mungkin akan lebih mudah dalam melakukan pencegahan dan juga cara yang tepat untuk mengobati jerawat pada wajah.

(Yuk Lihat Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Alami Cepat Dan Efektif)

Jika dibahas kembali secara sepintas. Jerawat merupakan salah satu masalah yang sangat umum dan bisa dialami setiap orang. Memang pada dasarnya menimbulkan tanda tanya yang sangat penting dan harus anda ketahui. Kenapa jerawat itu muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Agar jerawat pada wajah anda tidak semakin parah, sudah sepatutnya anda mengambil langkah dan mencari ramuan alternatif berbahan alami selain menggunakan kosmetik yang berbahan kimia. Memang tidak ada yang melarang jika anda ingin menggunakan obat penyembuh jerawat yang banyak beredar dipasaran. Namun lebih baik berkonsultasi dan meminta resep dari dokter agar penanganan lebih tepat serta tidak menimbulkan efek buruk yang nantinya akan malah membuat kulit wajah anda semakin rusak. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat? Berikut rincian selengkapnya!

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dan Tradisional

Tahukah anda bahwa bahan dasar yang terdapat pada resep dibawah ini  merupakan bahan-bahan yang bisa anda dapat dengan mudah. Semuanya bisa anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan sering juga digunakan sebagai rempah, bumbu dan bahan pangan yang anda konsumsi. Agar tidak semakin penasaran. Berikut bahan alami yang bisa anda pakai untuk mengobati jerawat.

1. Bubuk Kayu Manis
Kayu manis merupakan masker wajah yang sangat cocok untuk menghilangkan jerawat dan mengembalikan kecerahan kulit yang mulai kusam. Bahan ini mempunyai sifat anti-bakteri dan juga anti-biotik yang bisa membunuh kuman serta bakteri selaku penyebab dari timbulnya jerawat. Dalam hal ini kulit akan tercegah dari yang namanya infeksi dan juga radang yang merupakan bentuk awal dari jerawat. Sedangkan untuk menggunakan, anda membutuhkan campuran bahan berupa madu agar hasil yang anda dapat lebih optimal. Cara membuat ialah dengan menyiapkan bubuk kayu manis secukupnya dan aduk dengan campuran madu sehingga terbentuk adonan kental berupa pasta. Terapkan apda wajah sebagai masker (diamkan sekitar 15-20 menit) dan kemudian dibilas jika dirasa sudah mulai mengering.

2. Buah Tomat
Tomat diperkaya oleh kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membasmi kuman penyebab jerawat pada wajah. Buah yang tergolong sayur ini memang sudah umum dan paling banyak digunakan untuk merawat dan menjaga kulit wajah tetap bersih. Cara menggunakan terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan buah tomat yang sudah matang (berwarna merah) kemudian iris tipis. Tempelkan pada jerawat selama 15 menit dan bersihkan. Atau bisa juga dengan menghaluskan dengan blender dan dipakai sebagai pengganti masker.

3. Madu
Bahan alami yang satu ini mempunyai kemampuan yang cukup unik. Pada dasarnya dikhususkan untuk menjaga kelembapan dan kelembutan wajah. Namun disisi lainnya madu cukup baik dalam membersihkan wajah dari jerawat membandel. Untuk menerapkan pada wajah, anda membutuhkan paduan bahan lain berupa susu atau yogurt. Komposisi yang perlu anda siapkan ialah 1sdm susu dan 1sdm madu asli. Aduk keduanya hingga berbentuk gel dan oleskan pada wajah sebagai masker (khususnya pada daerah wajah yang berjerawat). Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit dan proses diakhiri dengan pembilasan.

4. Bawang Putih
Kandungan sulfur pada bawang putih terbilang sangat ampuh dalam mengatasi jerawat. Didalamnya terdapat antiosidan, anti-bakteri, anti-septik, anti-jamur, dan anti-virus yang bisa membunuh kuman pada wajah selaku penyebab dari ruam atau radang. Cara penerapan sangat sederhana, anda kupas terlebih dahulu kulit luar bawang putih, belah menjadi dua dan gosokkan pada jerawat secara perlahan. Diamkan beberapa menit kemudian dibilas. (mungkin penggunaan bawang putih ini agak sedikit menimbulkan efek panas pada kulit)

5. Kulit Jeruk
Kulit buah jeruk juga mempunyai kandungan vitamin C yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dan mengembalikan keremajaan kulit wajah. Hal ini karena kulit jeruk berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah tetap bersih, terhindar dari flek hitam bekas jerawat, dan juga akan membuat anda tampak lebih awet muda. Cara membuat cukup dengan menghaluskan kulit jeruk (diblender dengan campuran sedikit air). Bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk halus. Terapkan kulit jeruk yang sudah dihaluskan tadi pada wajah selama kurang lebih 20 hingga 25 menit. Setelah itu baru bisa anda bilas.

6. Jeruk Lemon
Untuk Menghilangkan Jerawat dengan cepat salah satunya ialah dengan menggunakan jeruk lemon. Buah yang mempunyai rasa sangat masam ini mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga jika dijadikan jus serta diterapkan pada wajah akan membuat kulit tampak lebih bersih, menghilangkan jerawat dan juga mengecilkan pori-pori yang pada akhirnya akan membuat kulit lebih halus dan lembut. Untuk pembuatan, cukup siapkan jeruk lemon, iris (belah dua) dan peras airnya. Oleskan pada wajah dengan bantuan kapas secara merata dan perlahan. diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

7. Putih Telur
Bahan ini mempunyai kandungan Protein tinggi dan juga diperkaya vitamin yang kemampuannya sangat cocok untuk mengencangkan wajah dan juga membersihkannya dari jerawat. Tidak hanya radang atau pembengkakannya saja, melainkan jika digunakan secara rutin akan membuat wajah anda lebih tampak bersih karena mampu menghilangkan noda flek hitam bekas jerawat. Cara menggunakan ialah dengan memisahkan telur antara putih dan kuningnya, aduk putih telur hingga berbusa dan bertekstur lembut. Oleskan pada wajah secara merata sebagai masker dan dibiarkan selama 25 hingga 30 menit. Selanjutnya bisa anda bilas dengan air hangat.

8. Es Batu
Mungkin sebagian orang tidak sadar bahwa es batu sangat ampuh jika digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Kemampuannya cukup baik dalam mengempiskan radang, mengangkat kotoran pada wajah dan juga melancarkan sirkulasi darah disekitar area jerawat. Cara penerepan sangatlah gampang. Bungkus es batu dengan kain atau handuk halus dan gunakan sebagai kompres pada area wajah berjerawat sembari melakukan penekanan agar jerawat sedikit mengempis. Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat anda benar-benar sembuh.

9. Cuka Apel
Cuka apel mempunyai fungsi cukup baik bagi wajah khususnya dalam mengatasi masalah jerawat. Kegunaannya ialah untuk menyeimbangkan pH kulit dan mencegah perkembangan bakteri. Jadi mungkin cuka apel ini bisa dijadikan alternatif bagi anda yang ingin membuat wajah tetap cantik tanpa jerawat. Cara penggunaan ialah dengan mengoleskan cuka apel pada wajah dengan bantuan kapas. Namun sebelumnya anda harus membersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air bersih. Diamkan sekitar 15 menit baru bisa anda bilas.

10. Mentimun
Mentimun juga sudah umum dan banyak digunakan untuk perawatan kecantikan. Biasanya buah ini dijadikan tempelan pada mata guna menghilangkan bengkak yang terdapat pada area yang dimaksud. Seperti contohnya ialah menghilangkan mata panda (kantung mata) dikarenakan sayur ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang efektif untuk mengatasi radang. Untuk menerapkan pada wajah, cukup anda potong tipis dan tempelkan pada jerawat. Atau bisa juga dihaluskan dan diaplikasikan pada wajah sebagai masker.

11. Lidah Buaya
Kandungan anti-bakteri pada lidah buaya berkhasiat untuk mengangkat komedo dan membersihkan wajah dari jerawat. Selain itu juga terdapat senyawa anti-inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan akibat jerawat. Cara menggunakan ialah dengan menghaluskan daging lidah buaya hingga berbentuk gel. Terapkan pada wajah selama beberapa menit dan jika sudah mengering bisa dibilas dengan air hangat.

12. Gula Pasir
Manfaat gula pasir untuk wajah ialah menjaga kelembapan dan juga menjadikan wajah lebih lembut dan kenyal. Gula juga sering dijadikan masker bibir dimana kemampuannya sangat unik sehingga bibir lebih tampak merah secara alami. Bagaimana cara menggunakan gula untuk wajah berjerawat? Tentu jawabannya sangat sederhana, pertama anda siapkan gula pasir yang sudah dihaluskan (gula bubuk). Campurkan dengan sedikit madu hingga menjadi suatu adonan kental. Da aplikasikan pada wajah secara merata selama 15-20 menit. Proses akhir ialah dengan membilasnya dengan air hangat.

13. Kulit Pisang
Kulit pisang juga tidak kalah dengan dagingnya yang kaya akan manfaat. Jika digunakan dengan benar, kulit pisang berfungsi sebagai penghilang jerawat karena didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang berkemampuan untuk mengurangi radang dan mempercepat proses pembentukan sel kulit baru pada kulit. Untuk menerapkan ialah siapkan kulit pisang secukupnya dan gosokkan secara perlahan pada wajah (gosokkan bagian dalam dari kulit pisang). Atau bisa juga dihaluskan terlebih dahulu (diblender) dan dipadukan dengan sedikit susu.

14. Buah Pepaya
Pepaya kaya akan kandungan vitamin A, E dan juga mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Jika dipakai sebagai masker, buah ini cukup ampuh dalam mengatasi jerawat dan mengurangi radang yang disebabkan. Selain itu, buah ini cukup baik dalam mengangkat sel kulit mati, kotoran dan meregenerasi sel kulit sehingga tetap tampak awet muda. Jika digunakan secara bertahap, maka wajah anda akan lebih halus, lembut, merona dan cerah secara alami. Untuk penerapan, cukup haluskan daging buah pepaya terlebih dahulu kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker selama sekitar 15 hingga 20 menit. Selanjutnya bisa dan bilas dengan air hangat.

15. Minyak Pohon Teh
Fungsi dari minyak ini ialah untuk melarutkan sebum dan juga sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah. Dan manfaat lainnya ialah untuk mencegah infeksi serta menjaga kulit tetap bersih dari masalah jerawat yang disebabkan oleh kuman. Untuk menggunakannya cukup dengan mengencerkan minyak dengan sedikit air hangat kemudian oleskan pada wajah menggunakan bantuan kapas. Diamkan beberapa saat atau paling tidak hingga mengering kemudian bisa anda bilas dengan air bersih.

16. Buah Stroberi
Buah ini juga tidak kalah dengan jeruk yang didalamnya terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan lain berupa asam salisilat juga ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan efektif dan cepat. Selain itu juga kandungan asam ini juga akan membuka pori-pori yang tertutup serta menetralisir adanya bakteri yang berkembang pada kulit yang menjadi penyebab dari infeksi dan jerawat. Untuk membuat masker dari stroberi, anda bisa mencampur dengan madu asli agar wajah anda benar-benar bersih secara maksimal. Pertama haluskan buah stroberi secukupnya dengan blender tambah sedikit air dan juga madu hingga adonan membentuk pasta. Oleskan pada wajah selama 20 menit serta dibilas dengan air bersih.

17. Teh Hijau
Bahan ini sangat baik untuk menyembuhkan jerawat secara internal dengan cara mengkonsumsinya secara rutin. Namun selain itu juga bisa digunakan sebagai obat luar yang cara penerapannya ialah dengan mengoleskan air teh pada wajah. Cara membuat ialah menyeduh teh hijau dengan sedikit air mendidih, diamkan hingga berubah warna kemudian oleskan pada wajah dengan bantuan kapas. Tunggu sejenak hingga kering dan bilas.

18. Daun Mint
Daun yang memiliki sensasi mentol ini mempunyai fungsi yang cukup baik dalam mencegah inflamasi (radang kulit) dan mampu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh jerawat. Meski terbilang tidak bisa menyembuhkan 100%, namun manfaatnya cukup membantu dalam menghilangkan efek kemerahan (ruam) pada wajah dan menguragi bengkak yang disebabkan oleh jerawat. Untuk membuat ramuan ialah dengan menyiapkan sedikit daun mint(secukupnya) dan dihaluskan dengan blender. Tambah air secukupnya hingga adonan mengental (berbentuk pasta) dan oleskan pada wajah secara merata selama kurang lebih 20 menit. Proses akhir ialah bilas hingga bersih.

19. Kentang
Umbi sayur ini mempunyai nutrisi berupa kalium, sulfur, klorida dan juga fosfor serta karbohidrat yang tinggi. Kesemua kandungan tersebut sangat baik untuk wajah guna menyembuhkan jerawat yang membandel. Selain itu, didukung pula oleh antioksidan alami yang dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru (regenerasi kulit) sehingga wajah anda akan tetap tampak lebih awet muda. Cara mengaplikasikan ialah dengan memarut kentang yang sudah dikupas dan tapalkan pada wajah secara merata selama 25 menit. Jika sudah dirasa kering (meresap), anda bisa membersihkannya dengan air hangat.

20. Jeruk Nipis
Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang mampu mencegah radikal bebas dan membunuh bakteri pada kulit wajah. Sifat jeruk nipis yang membersihkan, menjadikan wajah akan lebih cerah, bersinar dan juga menyamarkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat. Untuk penerapan ialah memeras jeruk nipis yang sudah dibelah, ambil airnya dan oleskan pada wajah dengan bantuan kapas. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

21. Baking Soda
Mungkin bahan ini dikenal umum sebagai bahan pembuatan kue. Namun tahukan anda jika baking soda yang juga dikenal dengan Sodium Bicarbonat ini mempunyai sifat anti-septik yang baik untuk melawan bakteri dan juga jamur pada kulit wajah. Cara membuat ialah dengan menyeduh sedikit bubuk baking soda dengan air hangat hingga berbentuk pasta dan oleskan pada seluruh area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

22. Uap Air Mendidih
Uap air dan juga nasi bisa membuka pori yang tertutup dan juga membuat wajah anda lebih segar. Selain itu steam air ini akan menjadikan kulit anda lebih lentur dan lembut secara alami. Untuk menggunakan, cukup rebus air putih hingga mendidih dan tuang pada wadah yang sedikit besar. Tengadahkan atau posisikan wajah diatas wadah tersebut sehingga uap mengenai dan membasahi kulit wajah. Diamkan beberapa saat kemudian keringkan dengan handuk halus.

23. Alpukat
Alpukat mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit sehingga tidak mudah kering, mengelupas ataupun keriput. Disisi lain alpukat juga bisa menyembuhkan jerawat jika dipakai secara rutin sebagai masker alami pada wajah. Yang pelu anda lakukan hanyalah menghaluskan daging alpukat dengan cara diblender (hingga mengental serupa pasta) dan oleskan apda wajah secara merata. Biarkan hingga mengering baru bisa anda bersihkan dengan air.

24. Oatmeal
Bahan ini sudah banyak digunakan dan memang memberikan hasil yang cukup baik dalam membersihkan jerawat. Tidak hanya dari dalam, namun juga dijadikan alternatif pengganti masker yang kemampuannya sangat baik untuk mengatasi masalah wajah khususnya jerawat. Pertama larutkan oatmeal dengan air mendidih dan campurkan dengan sedikit madu. Aduk dan tunggu hingga dingin. Selanjutnya terapkan pada wajah secara merata selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hangat.

25.Bengkoang
Bahan ini sudah banyak digunakan dalam berbagai jenis produk kecantikan. Selain bisa memutihkan kulit, menghilangkan noda flek hitam wajah, dan membersihkan jerawat. Masker bengkuang juga sangat baik sebagai pelembab dan juga membuat kulit tampak lebih muda. Untuk menggunakan, anda kupas kulit dan haluskan daging bengkoang dengan cara diparut. Air airnya dan oleskan pada wajah secara merata selama 20 menit. Proses akhir ialah dengan membilasnya dengan air hangat.

(Yuk Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Jerawat Di Punggung)

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait dengan 25 Obat Herbal Alami Tradisional Untuk Menghilangkan Jerawat. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *